Firasat Buruk Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia Terjadi saat Lawan Filipina

Shin Tae-yong
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

VIVA – Timnas Indonoesia cuma bisa membawa satu poin dalam lawatannya ke markas Filipina pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bertanding di Stadion Rizal Memorial, Selasa 21 November 2023, Timnas Indonesia ditahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1. Bahkan, Timnas Indonesia sempat tertinggal lebih dulu ketika pertandingan memasuki menit ke-24. 

Shin Tae-yong Dapat Hadiah Mobil Mewah Genesis G80 Electrified Harga Miliaran, Intip Spesifikasinya

Memanfaatkan kesalahan dari Jordi Amat, Patrick Reichelt sukses menjebol gawang Ernando Ari usai menerima umpan dari Kevin Ingreso.

Pada menit 70, Indonesia mampu menyamakan kedudukan. Gol dilesakkan Saddil Ramdani memanfaatkan umpan dari Ricky Kambuaya.

Pada laga ini, Timnas Indonesia bermain buruk, terutama di babak pertama. Kesalahan-kesalahan elementer kerap dilakukan para pemain belakang dan gelandang. Gol yang disarangkan Filipina pun akibat kesalahan dari Jordi Amat.

Situasi ini ternyata sudah menjadi firasat buruk bagi pelatih Timnas Indonesia. Pasalnya, para pemain harus beradaptasi dengan lingkungan baru dan rumput lapangan yang berbeda dari biasanya.

Asnawi Mangkualam dan kolega, kata Shin Tae-yong, kesulitan bermain di lapangan rumput sintetis. "Seperti yang bisa kalian lihat, babak pertama kami tidak bermain baik," kata Shin Tae-yong usai laga.

"Tapi sebenarnya saya sudah perkirakan itu, karena kualitas lapangan dan karakter lapangan ini," ungkap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong pun memberikan saran kepada Federasi Sepak Bola Filipina. 

Dia meminta Filipina menyiapkan lapangan yang lebih baik. Jika memang ingin lapangan artfisial, lapangan itu harus memiliki standar FIFA.

"Saya ingin memberikan saran kepada Federasi Sepakbola Filipina, kalian seharusnya punya lapangan artifisial yang lebih baik, yang memenuhi standar FIFA," saran dari Shin.

"Saya harap lain kali ketika kami main di sini saya harap bisa dapat lapangan yang lebih baik," ujar Shin Tae-yong, menambahkan.

Terpopuler: Orang Kaya RI Lejitkan Como, PSSI Optimis Masa Depan Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Janji Bakal Lancar Bahasa Indonesia

Shin Tae-yong sudah sejak 2019 menjadi pelatih Timnas Indonesia. Juru taktik asal Korea Selatan itu berjanji akan usaha maksimal agar berbahasa Indonesia dengan lancar.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024