Debut Gila di Liga Champions, Emil Audero Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

Kiper Inter Milan berdarah Indonesia, Emil Audero Mulyadi
Sumber :
  • AP Photo/Armando Franca

Italia – Kiper kelahiran Indonesia, Emil Audero Mulyadi mencuri perhatian baru-baru ini. Pria yang lahir di Mataram ini melakoni debutnya bersama Inter Milan saat menghadapi tuan rumah Benfica di laga penyisihan Grup D Liga Champions di Estadio Da Luz, Kamis dini hari WIB, 30 November 2023.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Gawang Audero harus jebol tiga kali melalui hattrick Joao Mario di menit 5, 13, dan 34. 

Secara luar biasa, Inter mampu comeback. La Benemata menyamakan kedudukan menjadi 3-3 melalui gol Marko Arnautovic (51'), Davide Frattesi (58') dan penalti Alexis Sanchez (72').

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Di media sosial, muncul harapan agar Audero dinaturalisasi Timnas Indonesia. Kabar ini sempat diungkapkan pengamat sepakbola nasional, Ronny Pangemanan di channel Youtube-nya.

Kiper Inter Milan Emil Audero Mulyadi

Photo :
  • Instagram @inter
Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Pria yang akrab disapa Bung Ropan ini menyebut Emil Audero dan Thom Haye menjadi bidikan PSSI untuk proses naturalisasi. Bung Ropan yang dikenal dekat dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menanyakan langsung perihal rencana PSSI menaturalisasi dua pemain keturunan tersebut.

“Emil saya pikir ini akan kuat. Kalau dia sampai oke dengan tim nasional kita, dia punya tinggi 192 sentimeter, kuat dalam duel-duel udara, antisipasinya dalam reading the game sangat bagus. Tentunya bagus jika Indonesia bisa mendapatkan pemain ini,” kata bung Ropan lewat channel Youtube-nya.

“Erick (Thohir) sudah mengatakan, untuk penjaga gawang dan pemain-pemain lainnya termasuk Thom Haye misalnya, gelandang yang sangat diperlukan untuk bisa masuk (Timnas Indonesia) itu (coba didekati) tahun depan,” lanjutnya.

Emil Audero merupakan pemain keturunan Indonesia. Dia lahir pada 18 Januari 1997 di Kota Mataram, NTB.  Ayah Emil, Edy Mulyadi, adalah orang Indonesia dan ibunya, Antonela Audero, merupakan orang Italia.  Dia sempat tinggal di Indonesia selama setahun dan pindah ke Cumiana Italia pada tahun 1998.

Ayah Audero, Edy Mulyadi sempat mengatakan jika sang anak tidak tertarik bergabung dengan Timnas Indonesia. Sebab, Audero masih berharap dilirik Timnas Italia.

Namun, pada kenyataannya sangat sulit menembus Gli Azzurri. Ada Gianluigi Donnarumma yang sulit digeser. Dalam jeda internasional terakhir, pelatih Italia Luciano Spalletti memilih kiper lain dibandingkan Audero. Ada Ivan Provedel, Guglielmo Vicario dan Marco Carnesecchi.

Selain itu, jika keinginan Audero bergabung dengan Italia adalah tampil di Piala Dunia, pada kenyataannya Gli Azzurri gagal lolos ke Piala Dunia 2018 dan 2022. Dengan demikian, bisa saja Audero berubah pikiran, ditambah jika ada pendekatan serius dari PSSI.

Satu lagi kode Emil Audero tertarik menjadi bagian dari Timnas Indonesia adalah pemain 26 tahun ini sudah mengikuti akun Instagram Erick Thohir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya