Indonesia Gandeng Singapura Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Antisipasi Kalau Israel Lolos?

Presiden Jokowi bersama Erick Thohir dan Dito Ariotedjo
Sumber :
  • ANTARA/HO-PSSI

Jakarta – Sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, Indonesia kini menjajaki peluang menjadi tuan rumah event dua FIFA lainnya. Kali ini, Indonesia bakal mengajukan bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20 2025.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi memerintahkan kepada PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk kembali menjajaki peluang penyelenggaraan Piala U-20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025--2029.

Namun, yang menarik kali ini Indonesia menggandeng Singapura menjadi tuan rumah bersama. Apakah ini antisipasi jika Timnas Israel kembali lolos?

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Sebelumnya, FIFA sempat menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun, ajang ini batal digelar di Tanah Air karena maraknya penolakan terhadap Timnas Israel yang menjadi salah satu peserta Piala Dunia U-20. 

Dengan menggandeng Singapura, Timnas Israel bisa bertanding di Singapura jika mereka lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Demo tolak Israel di Piala Dunia U-20 2023

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

"Saya telah memerintahkan keapda PSSI dan kementerian Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U 20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025-2029, dan bidding bersama sama dengan Singapura," tutur Jokowi.

"Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang tadi saya sampaikan yaitu U-17 dan U-20. Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Terima kasih," lanjutnya.

Jokowi menuturkan, persiapan sudah dilakukan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025. Di antaranya penandatangan kerja sama dengan Federasi Sepakbola Singapura.

"Kita dalam proses dan akan kita selesaikan renovasi untuk 22 stadion sepakbola kita. Dalam rangka persiapan ke sana dan ini mungkin perlu saya sampaikan declaration of intererest yang sudha ditandatangani oleh PSSI dan oleh Football Association of Singapore semua sudah," jelas Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya