PSMS Medan Kantongi Kekuatan dan Kelemahan Lawan di 12 Besar Liga 2

Latihan PSMS Medan
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Medan – Mengarungi babak 12 besar Liga 2 Indonesia 2023/2024, Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson melakukan latihan taktikal. Latihan ini mempersiapkan fisik skuad Ayam Kinantan untuk menghadapi Persiraja Banda Aceh, di Stadion Baharoeddin Siregar, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu 6 Januari 2024.

Penyebab Juara Bertahan Bandung bjb Tandamata Takluk di Laga Perdana Proliga

Dalam kompetisi babak 12 besar Liga 2 ini, ada misi dan target membawa PSMS Medan promosi ke Liga 1 Indonesia musim depan. Atas hal itu, klub asal Kota Medan ini, harus melewati fase 12 besar sebagai juara Grup X, atau setidaknya menjadi runner-up terbaik dari tiga grup yang ada.

Jelang menjamu Persiraja tersebut, PSMS Medan terus berbenah. Seperti diketahui, kendati lolos ke babak 12 besar, tiket itu didapatkan dengan susah-payah, yakni finis di urutan ketiga Grup 1 Liga 2 musim ini atau terbawah dari tiga tim yang melaju ke babak 12 besar di Grup 1, bersama Semen Padang (peringkat 1) dan Persiraja Banda Aceh (runner-up). 

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Pelatih PSMS Medan, Miftahudin Mukson menyadari tantangan yang bakal dihadapi PSMS cukup berat. Oleh karena itu, Miftah, sapaannya, mulai melakukan berbagai persiapan.

"Yang jelas saya sekarang lagi inventarisir strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) lawan ya. Jadi ya nanti saya buat taktikal untuk latihan, apalagi gim pertama nanti kan kita di home menghadapi Persiraja 6 Januari," sebut Miftahudin kepada wartawan di Kota Medan, Minggu 24 Desember 2023.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Latihan PSMS Medan

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Khusus persiapan menghadapi Persiraja, dua laga sebelumnya yang dilakoni di babak grup menghadapi tim asal Kota Banda Aceh itu menjadi modal penting. Dari dua laga itu, Coach Miftah menyebut sudah mempersiapkan taktik dan strategi memaksimalkan laga kandang.

"Kita sudah dua kali ketemu (Persiraja) dan hasilnya masih seri, yang artinya itu pembelajaran yang bagus supaya nanti di match pertama 12 besar itu kita punya banyak tambahan informasi perubahan yang akan dilakukan oleh lawan, maupun yang akan kita lakukan," jelas Miftah.

Lolos ke 12 besar dengan mengoleksi 17 poin membuat PSMS Medan menjadi tim dengan koleksi poin paling rendah dibanding tiga tim penghuni peringkat tiga di tiga grup lainnya, PSIM Yogyakarta di Grup 2 mengoleksi 21 poin, Gresik United di Grup 3 dengan 19 poin, dan Babel United di Grup 4 mengumpulkan 18 poin.
 
Namun, dari sisi statistik, PSMS Medan tidak jelek-jelek amat. Memiliki total tembakan ke gawang (shoot on goal) terbanyak di Liga 2 musim ini (76 kali sesuai statistik situs resmi Liga 2), menunjukkan PSMS mampu memainkan skema penyerangan yang efektif, namun sayangnya gagal di banyak penyelesaian akhir.

Latihan PSMS Medan

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

'Masalah akurasi ya, memang kita banyak attacking, hanya memang faktor ketenangan sama keberuntungan lah. Ada dua kali lawan Sriwijaya, putaran pertama dan putaran kedua, sama kena mistar, itu harusnya sudah masuk dua-duanya. Memang penyelesaian akhir yang harus saya perbaiki ya," sebut Miftahudin lagi.

Menurut Miftah, kurang dari dua pekan jelang kick-off 12 besar, dirinya beserta staf pelatih lainnya akan terus mengasah persiapan ptim

"Saya akan kebut taktikal yang saya siapkan untuk menghadapi tiga calon lawan kita. Intinya cara bermain akan hanyak perubahan, komposisi," kata Muftah lagi.

Soal kekuatan lawan yang akan dihadapi, termasuk PSIM Yogyakarta, Miftah mengak ntak terlalu khawatir. Menurutnya, dari pertandingan sebelumnya khusus menghadapi Semen Padang dan Persiraja, dia menilai, kesulitan datang dari timnya sendiri.

"Tidak menyulitkan, yang menyulitkan hanya kita sendiri, ini serius, hanya kita. Individual error terjadi di tim kita membuat kita kecolongan dan lawan beruntung," ucapnya.

Terkait kiprah Yoseph Ostanika 'Nico' Malau yang mencetak dua gol ke gawang Sriwijaya (imbang 2-2) yang meloloskan PSMS Medan ke 12 besar, Miftah menyebut, pemain yang paling siap yang akan diturunkan. Namun dia memastikan tidak akan mengubah komposisi winning team (tim kemenangan) di 12 besar nanti.

"Soal Nico nanti situasional, pemain yang paling siap yang akan saya tampilkan. Tapi saya tidak akan mengubah the winning team, dalam artian the winning team itulah yang akan kita pertajam kelebihannya, dan kita develop kekurangannya untuk perbaikan," jelas Miftah.

Jadwal PSMS Medan di Babak 12 Besar Liga 2 2023/2024

-Sabtu 6 Januari 2024, di Baharoeddin Siregar Lubukpakam Pukul 15.00 WIB, PSMS Medan vs Persija Banda Aceh

-Jumat 12 Januari 2024, di Stadion Mandala Krida Yogyakarta Pukul 15.00 WIB, PSIM Yogyakarta vs PSMS Medan

Rabu 17 Januari 2024, H Agus Salim Padang, Pukul 15.00 WIB, Semen Padang FC vs PSMS Medan 

Senin 22 Januari 2024, di Baharoeddin Siregar Lubukpakam Pukul 15.00 WIB, PSMS Medan vs Semen Padang FC.

Sabtu 27 Januari 2024 , TBO (To be Obtained) pukul 19.00 WIB, Persiraja Banda Aceh vs PSMS Medan 

Sabtu 3 Februari 2024, di Baharoeddin Siregar Lubukpakam, Pukul 15.00 WIB, PSMS Medan vs PSIM Yogyakarta
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya