Saat Tuan Rumah Piala Asia Sekarang Jadi Korban Keganasan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia saat menghadapi Qatar di Piala Asia 2004
Sumber :
  • AP Photo/Ng Han Guan

VIVA – Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di Piala Asia 2023 Qatar. Laga perdana skuad Garuda menghadapi Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin 15 Januari 2024.

Rafael Struick Terpilih sebagai Bintang Masa Depan Piala Asia U-23 2024

Piala Asia 2023 menjadi yang bertama bagi Timnas Indonesia sejak 16 tahun terakhir. Terakhir, Indonesia tampil di Piala Asia pada 2007 saat menjadi tuan rumah.

Sepanjang sejarah Piala Asia, Indonesia sebelumnya sudah tampil empat kali pada turnamen terbesar di benua kuning ini. Indonesia tampil di Piala Asia 1996, 2000, Piala Asia 2004 dan 2007.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Dalam keikutsertaanya, Timnas Indonesia bukanlah tim yang mudah dikalahkan. Salah satu momen terbaik skuad Garuda adalah mengalahkan Qatar yang kini berstatus sebagai tuan rumah.

Pada turnamen yang berlangsung di China itu, Tim Merah-Putih untuk pertama kalinya bisa meraih kemenangan di ajang Piala Asia.

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

Pada laga pembuka Piala Asia 2004 yang berlangsung di Workers Stadium, Beijing, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Timnas Qatar. Kemenangan itu sangat mengejutkan saat itu.

Timnas Indonesia membuka keunggulan lebih dulu pada laga ini. Sontekan Budi Sudarsono pada menit ke-26 mampu membungkam para pemain Timnas Qatar.

Satu gol lagi berhasil dicetak oleh Timnas Indonesia pada laga ini. Gol itu dicetak lewat tendangan jarak jauh oleh Ponaryo Astaman. Qatar memperkecil kekalahan mereka melalui Magid Mohamed.

Starting eleven Indonesia: Hendro Kartiko, Warsidi, Hary Syahputra, Firmansyah Agus, Agung Setyobudi, Alex Pulalo, Elie Aiboy, Ponaryo Astaman, Budi Sudarsono, Syamsul Chaeruddin, Bambang Pamungkas.

Hanya saja, Timnas Indonesia gagal lolos dari fase grup karena pada laga kedua, Indonesia dibantai tuan rumah China, 0-5, dan pada duel terakhir dikalahkan Bahrain 1-3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya