10 Gol Indonesia di Piala Asia, Mulai Dari Widodo hingga Bambang Pamungkas

Timnas Indonesia saat menghadapi Qatar di Piala Asia 2004
Sumber :
  • AP Photo/Ng Han Guan

Jakarta – Piala Asia merupakan salah satu ajang sepakbola terbesar yang dapat dimanfaatkan untuk unjuk kemampuan atau pamer skill.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Tak jarang pemain yang tampil optimal dalam kejuaraan terbesar di benua Asia ini kerap mendapat kesempatan untuk berkarier di liga top Eropa.

Terakhir kali Timnas Indonesia bermain di Piala Asia yakni pada tahun 2007 silam. Saat itu Indonesia lolos karena menjadi tuan rumah bersama Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Adapun, debut Tim Garuda di Piala Asia dijalani pada 1996. Kemudian, kembali ambil bagian pada tahun 2000, 2004 dan 2007.

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Selain Widodo Cahyono Putro, ada nama Ronny Wabia, Budi Sudarsono, dan Elie Aiboy tercatat membukukan dua gol untuk tim Merah Putih.

Lalu, dua pencetak gol lain Indonesia di Piala Asia yakni Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman. Keduanya mencatatkan masin-masing satu gol.

Berikut 10 gol yang dihasilkan Timnas Indonesia di setiap edisi Piala Asia, dilansir dari beberapa sumber Senin, 15 Januari 2024.

1. Piala Asia 1996

Timnas Indonesia pertama kali lolos ke Piala Asia pada 1996. Saat itu mereka tergabung di Grup A bersama Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Korea Selatan. Sebanyak empat gol dikemas Indonesia di Piala Asia 1996. Indonesia mengemas satu hasil imbang dan kalah dua kali saat berlaga di UEA hingga tak lolos grup.

Gol salto Widodo Cahyono Putro

Photo :
  • instagram.com/afcasiancup

Pada laga perdana menghadapi Kuwait di Stadion Syekh Zayed, Abu Dhabi, 4 Desember 1996, Indonesia jadi sorotan setelah unggul dua gol lebih dulu berkat aksi Widodo Cahyono Putro dan Ronny Wabia pada babak pertama.

Gol yang dicetak Widodo lewat tendangan salto pada menit ke-20 kemudian jadi gol terbaik Piala Asia sepanjang masa. Sayangnya, Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2, setelah Kuwait membalas pada babak kedua lewat gol Hani Al-Sager dan Badr Haji.

Dua gol lagi dikemas Indonesia saat takluk 2-4 dari Korsel. Widodo dan Wabia kembali menjadi pencetak golnya.

2. Piala Asia 2000

Piala Asia 2000 Indonesia tergabung dalam Grup B bersama China Kuwait, dan Korea Selatan. Dalam edisi ini, Timnas Garuda mencatat satu hasil imbang dan dua kekalahan dengan 0 gol.

3. Piala Asia 2004

Budi Sudarsono

Photo :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

Piala Asia 2004 Timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Qatar, Bahrain dan China. Saat itu Tim Merah Putih berhasil meraih kemenangan perdana di Piala Asia.

Kemenangan itu didapat atas Qatar dengan skor 2-1 berkat gol yang dihasilkan Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman.

Adapun, satu gol lagi Indonesia di Piala Asia 2004 dikemas saat kalah 1-3 dari Bahrain. Elie Aiboy yang menjadi pencetak golnya.

4. Piala Asia 2007

Piala Asia 2007 Indonesia berperan sebagai tuan rumah, kali ini Timnas Garuda tergabung di Grup D bersama Arab Saudi, Korsel, dan Bahrain.

Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2007

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana

Pada pertandingan pertama di edisi ini, Indonesia menang 2-1 atas Bahrain berkat gol dari Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Satu gol lain dicatat Timnas Garuda saat kalah dari Arab Saudi 2-1. Gol Arab dicetak oleh Yasser Al-Qahtani dan Saad Al-Harthi. Sementara Indonesia dicetak Elie Aiboy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya