Dirugikan Wasit, Timnas Indonesia Resmi Ajukan Protes ke AFC

Timnas Indonesia vs Irak
Sumber :
  • tangkapan layar

VIVA – Manajer Tiimnas Indonesia, Endri Erawan mengatakan pihaknya sudah mengajukan protes ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) terkait disahkannya gol kedua Irak.

Momen Shin Tae-yong Kena Kartu Merah, Gegara Wasit Rugikan Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia kalah pada laga perdana Piala Asia 2023 dari Irak. Bertanding di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Senin 15 Januari 2024, Indonesia kalah dengan skor 1-3.

Irak membuka keunggulan pada menit ke-17 melalui Mohamed Ali. Dia berhasiil menceploskan bola usai berhasil menusuk ke dalam kotak penalti.

3 Keputusan Kontroversi Wasit di Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23

Timnas Indonesia sempat menyamakan kedudukan. Berawal dari pergerakan Yakob Sayuri di sisi kanan, ia melepaskan umpan silang ke Marselino Ferdinan, dan tanpa kesulitan Marselino menceploskan bola ke gawang kosong Irak.

Menjelang babak pertama berakhir, Irak kembali memimpin. Berawal dari bola muntah tepisan Ernando jatuh ke kaki Osama Rashid dan sang gelandang menceploskan bola ke gawang Indonesia. 

2 'Penalti Ghoib' Guinea dari Wasit Francois Letexier Jadi Sorotan, Timnas Indonesia Meradang

Gol ini memicu kontroversi, karena dalam prosesnya terjadi offside, namun VAR mengesahkan gol ini. Dan hal inilah yang akan diprotes oleh Timnas Indonesia.

Endri Erawan mengatakan surat protes sudah diserahkan kepada match commissioner seusai pertandingan. Dia berharap, kejadian ini tidak terjadi lagi di turnamen sekelas Piala Asia.

"Setelah pertandingan, kita resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kita sudah resmi melayangkan form protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," kata Endri Erawan.

"Kita tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan, tapi setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," tegasnya.

Adapun gol ketiga Irak dicetak pada menit ke-75. Berawal dari Rizky Ridho yang kalah duel udara dengan Aymen Hussein, pemain pengganti Irak itu mengontrol bola dan melepaskan tembakan keras yang masuk ke gawang Indonesia. Irak unggul 3-1 atas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya