Selain Gugur, Hal Buruk Ini Bakal Dialami Timnas Indonesia Jika Dikalahkan Vietnam

Timnas Indonesia vs Irak
Sumber :
  • REUTERS/IBRAHEEM AL OMARI

VIVA – Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat 19 Januari 2024.

Shin Tae-yong Dapat Hadiah Mobil Mewah Genesis G80 Electrified Harga Miliaran, Intip Spesifikasinya

Kemenangan menjadi wajib bagi skuad Garuda untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Pasalnya, pada laga perdana, Indonesia kalah 1-3 dari Irak. 

Jika kalah lagi, Indonesia dipastikan akan gugur meski masih menyisakan satu pertandingan terakhir melawan Jepang. Dan, bukan hanya gugur timnas Indonesia juga akan mendapatkan hal buruk yakni mengalami kemerosotan di rangking FIFA.

Terpopuler: Orang Kaya RI Lejitkan Como, PSSI Optimis Masa Depan Timnas Indonesia

Saat ini, posisi ke-146 dalam ranking FIFA. Sementara, Vietnam berada di posisi yang jauh lebih baik yakni di posisi ke-94 ranking FIFA. Vietnam jadi negara Asia Tenggara dengan ranking FIFA paling tinggi.

Indonesia di Januari sudah melakoni tiga pertandingan, dua uji coba dan satu Piala Asia. Usai kalah pada laga uji coba (lawan Libya dan Iran) dan duel lawan Irak di Piala Asia 2023, Skuad Garuda diprediksi turun ke-147. Poin yang dimiliki Indonesia saat ini adalah 1.050,98.

Jalan Terjal Cristian Gonzales Demi Membela Timnas Indonesia

Dan, Indonesia bisa melorot di ranking FIFA jika kalah dari Vietnam. Poin Indonesia akan dikurangi 11,74 jika kalah dari Vietnam. Situasi itu membuat jumlah poin Indonesia menjadi 1.039,24. 

Nah, poin itu bakal membuat Indonesia turun ke posisi 151. Indonesia berada di bawah Republik Dominika. Namun, jika menang atas Vietnam, Indonesia akan dapat tambahan 23,26 poin dan mendapat 1.074,24 poin untuk naik ke peringkat 142.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Janji Bakal Lancar Bahasa Indonesia

Shin Tae-yong sudah sejak 2019 menjadi pelatih Timnas Indonesia. Juru taktik asal Korea Selatan itu berjanji akan usaha maksimal agar berbahasa Indonesia dengan lancar.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024