Dipecundangi Timnas Indonesia, Liga Vietnam Jadi Sorotan karena Banyak Pemain Asing

Pemain Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai saat melawan Timnas Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

VIVA – Kekalahan dari Timnas Indonesia membuat  Timnas Vietnam harus segera mengucapkan selamat tinggal pada Piala Asia 2023 setelah hanya menjalani 2 pertandingan. 

10 Pemain Timnas Indonesia di Game EA Sports FC 24, Ada Nathan Tjoe-A-On

Banyak fans yang merasa kecewa dan menilai VFF harus memecat pelatih Philippe Troussier demi mencari pelatih yang lebih cocok untuk timnas.

Menghadapi gelombang protes terhadap ahli strategi Prancis tersebut, pengamat sepakbola Vietnam, Quang Huy memberikan pendapatnya sendiri melalui pernyataannya baru-baru ini kepada media. 

Media Asing Sebut Kebugaran Pemain Guinea Ungguli Indonesia: Mereka Tak Bertanding 3 Bulan

Pakar berusia 49 tahun itu menilai tim Vietnam masih berada di jalur yang benar meski belum mencapai hasil yang diinginkan. Dia menilai, ketimbang memecat pelatih lebih baik meningkatkan kualitas liga domestik

“Ini adalah arah yang benar, namun agar efektif, apa yang telah dilakukan Tuan Troussier bersama tim nasional Vietnam, seluruh industri sepak bola harus bergerak sesuai dengan itu.Ketika kita mengakui kelasnya, kita harus mendukungnya," jelasnya.

Media Asing Prediksi Timnas Indonesia Bakal Kesulitan Lawan Guinea

"Misalnya, Jika Timnas Vietnam harus bermain dengan intensitas tinggi, pertandingan di V-League juga harus lebih realistis," ucapnya.

Lebih lanjut, Quang Huy menyebut selain VFF, klub-klub Liga Vietnam juga harus mendukung penuh Troussier. Karena menurutnya, pelatih di Liga Vietnam terlalu mengistimewakan pemain asing.

Apa yang diminta pelatih Troussier, juga harus dilakukan oleh klub. Bahkan dengan cara bermain timnas, tidak banyak klub V-League yang menyukainya. Maka pelatih-pelatih di V-League harusnya berubah," ucapnya.

"Bagaimana membuat tim bermain lebih berirama dan lebih berirama dibandingkan hanya bermain untuk pemain asing. Kemudian kita juga harus fokus melatih anak dengan lebih baik untuk menciptakan bibit potensial," tegasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya