Timnas Indonesia Bikin Sejarah karena Beruntung, Dihajar Australia Akibat Kurang Beruntung

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan Tuhan memberikan keberuntungan kepada timnya saat berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong Janji Bakal Lancar Bahasa Indonesia

Keberuntungan itu, kata Shin Tae-yong karena Tuhan tahu para pemain Timnas Indonesia bekerja keras setiap pertandingan. Sebab, tanpa bekerja keras timnya tidak akan mendapatkan kesempatan itu.

Timnas Indonesia berhasil mencatatkan sejarah lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Indonesia lolos dengan predikat peringkat ketiga terbaik dengan mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan. Skuad Garuda berada di posisi keempat klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong Dapat Hadiah Mobil Mewah Genesis G80 Electrified Harga Miliaran, Intip Spesifikasinya

"Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan)," kata Shin Tae-yong, Jumat 26 Januari 2024.

"Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak," sambungnya.

Terpopuler: Orang Kaya RI Lejitkan Como, PSSI Optimis Masa Depan Timnas Indonesia

Namun, keberuntungan tampaknya tidak selalu menaungi pasukan Shin Tae-yong. Pasalnya, mereka langsung kalah pada pertandingan babak 16 besar dari Australia.

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Australia dengan skor 0-4 pada laga babak 16 besar Piala Asia 2023 di Jassim bin Hamad, Stadium, Minggu 28 Januari 2024.

Dan, Shin Tae-yong menyebut kekalahan ini karena timnya tidak beruntung setelah Elkan Baggott melakukan gol bunuh diri pada menit ke-12. Menurut Shin Tae-yong, andai saja gol bunuh diri itu tidak terjadi, mungkin jalannya pertandingan akan berbeda. 

"Sayangnya, kami kebobolan hasil dari back pass (umpan balik) dari pemain belakang kami sendiri. Jika kami tidak kebobolan gol yang tidak beruntung itu, seluruh permainan bisa berubah," kata Shin Tae-yong.

"Dalam konteks pertandingan, kami tidak bermain buruk. Jadi saya tidak bisa merasa sedikitpun malu. Terlepas dari gol pertama yang kami kebobolan, saya ingin berterima kasih kepada para pemain saya. Saya sangat senang dengan kinerja kami," jelas Shin Tae-yong.

Adapun empat gol Australia dicetak oleh Elkan Baggott (12' OG), Martin Boyle (45'), Craig Goodwin (89'), dan Harry Souttar (90+1').

Di sisi lain, Bagi Indonesia meski harus tersingkir, lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 merupakan sejarah tersendiri, apalagi terakhir kali bermain di ajang bergengsi tersebut pada tahun 2007 lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya