Radja Nainggolan Alami Fenomena Aneh di Liga 1, Lapor PSSI

Gelandang Bhayangkara FC Radja Nainggolan
Sumber :
  • Instagram @bhayangkarafc

VIVA – Mantan pesepakbola top Eropa, Radja Nainggolan mengalami fenomena aneh di Liga 1 sehingga membuatnya bertanya-tanya. Tak pernah dalam karier gemerlapnya di Eropa menemukan kejadian seperti yang baru ia alami di Indonesia.

Hasil Liga 1: Persis Solo Legowo Akui Kemenangan Tim Tamu Persita Tangerang

Radja Nainggolan kembali bermain saat Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu 4 Februari 2023. Bhayangkara FC kalah 0-1 dan gol kemenangan tuan rumah dicetak Paulo Henrique di menit ke-54. 

Mantan pemain Inter Milan dan AS Roma itu dibuat bingung dengan kehadiran pemain yang dikartu merah bisa berada di bench pemain. Dalam laga tersebut, ada dua pemain yang diusir wasit

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

Nainggolan heran dengan ketidaktegasan perangkat pertandingan yang tak mempermasalahkan Reva Adi duduk di bench setelah diusir wasit. Menurutnya hal ini tak pernah terjadi sepanjang kariernya.

Sehari setelah pertandingan, Radja Nainggolan mencurahkan keresahannya komentar di Instagram. Ada yang diunggah di feed dan juga di story. 

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Radja juga menyertakan akun PSSI dalam unggahannya itu.  "Sejak kapan Anda dapat kartu merah dan bisa kembali ke lapangan? @PSSI. Belum pernah menyaksikan hal ini sebelumnya," tulis Radja Nainggolan. 

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi enggan menunjuk pihak yang bersalah atau lalai. Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra memilih menjadikan situasi ini sebagai bahan pembelajaran.

"Kalau salah siapa secara spontan terjadi saat itu, saya juga tidak ada di tempat. Itu bagian dari protokol penyelenggara pertandingan, ketika ada pemain kartu merah apakah ke ruang ganti atau bagaimana. Hal-hal seperti itu sering luput juga," kata Asep.

"Ke LIB pun jawabannya bisa berbeda-beda. Itu sudah terjadi dan kami ambil pelajaran. Bisa jadi ada ketidaktahuan atau kesengajaan tapi harus dicek dulu. Kita bicara visi ke depan beberapa hal yang besar dan hangat di publik. Hal-hal seperti ini kalau tidak di-up sama Radja mungkin kita juga tidak ngeh," ujarnya menambahkan.

"Jadi sekali lagi, Radja Nainggolan pernah tampil di semua level. Mungkin terlihat aneh buat dia dan bagi kami juga harus mensosialisasikan semua hal," pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya