Penetapan Kongres Tahunan PSSI dan Rencana Wasit Jepang serta Inggris di Liga 1

Rapat Komite Eksekutif PSSI
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Komite Eksekutif PSSI menggelar rapat pada Rabu 3 April 2024 di Jakarta. Dalam rapat tersebut, diambil keputusan untuk menetapkan waktu Kongres Tahunan PSSI.

Erick Thohir Minta Doa Rakyat untuk Kemenangan Timnas Indonesia atas Uzbekistan

Kongres Tahunan PSSI ditetapkan bakal dilangsungkan pada 10 Juni 2024 mendatang. Akan ada pemaparan program kerja untuk 2025 serta audit keuangan PSSI.

Selain penetapan waktu Kongres Tahunan PSSI, ada juga keputusan untuk percepatan transformasi wasit Indonesia. Wakil Komite Wasit, Yoshimi Ogawa dihadirkan.

PSSI dan Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Calvin Verdonk Sama-sama Kasih Kode

Perwakilan PT Liga Indonesia Baru selaku pengelola kompetisi juga hadir dalam rapat ini. Kehadiran mereka untuk membahas pengaturan jadwal yang diselaraskan dengan program Timnas Indonesia.

Erick Thohir

Photo :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)
Hal yang Buat Erick Thohir Yakin Timnas Indonesia U-23 Tembus Final Piala Asia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, nantinya bakal diadakan digitalisasi perwasitan. Langkah ini dilakukan agar para wasit bisa belajar dari kejadian di lapangan.

"Seluruh wasit masuk ke dalam suatu sistem dari Inggris, semua kejadian atau keputusan yang diambil wasit semua tersimpan dalam sistem tersebut. Jadi wasit dapat belajar dari kejadian tersebut," kata Erick.

"Kalau ada klub yang merasa dirugikan dengan keputusan wasit, selain klub dapat melaporkan kejadian dan meminta challenge juga nanti akan kelihatan kinerja wasit dan sistem tersebut," imbuhnya.

PSSI juga berencana untuk mendatangkan wasit dari Jepang atau Inggris untuk memimpin pertandingan. Harapannya bakal ada transfer pengetahuan ke wasit Indonesia.

"Kita juga tahun depan akan mendatangkan wasit baik dari Liga Jepang ataupun Liga Inggris untuk memimpin di Liga sebulan. Jadi lebih independen serta akan ada transfer pengetahuan dari para wasit yang datang ke Indonesia tersebut," ungkap Erick.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya