Perbedaan Mencolok M Tahir dan Hamka Hamzah soal pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes
Sumber :
  • Situs Resmi PSSI

VIVA – Media sosial sedang ramai polemik antara pemain naturalisasi dan lokal. Yang memantiknya adalah pernyataan gelandang PSBS Biak, M. Tahir beberapa hari lalu.
 

Timnas Indonesia U-23 Tumbang, Pj Gubernur Sumut Tetap Bangga

M Tahir dengan lantang menyebut kualitas pemain lokal tidak kalah dari naturalisasi yang kini menghuni Timnas Indonesia. Bahkan dia meminta kesempatan untuk diadu karena yakin menang. 

"Sekarang terlalu banyak naturalisasi, sih. Bukan tidak sehat, cuma kasihan kita mengadakan kompetisi di dalam negeri gunanya untuk apa?" kata Tahir di Youtube Bicara Bola.

Raja Sapta Oktohari yakin Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024 meski Dikalahkan Uzbekistan


"Kita cuma kalah karena mereka main di luar negeri, kita di dalam negeri. Kalah itu saja, kalau kualitas kita 11-12 sama mereka. Tidak kalah jauh. Coba saja PSSI bikin uji coba pemain lokal dengan pemain naturalisasi," ujarnya. 

Pernyataan M Tahir jauh berbeda dengan pemain veteran Rans Nusantara, Hamka Hamzah. Dia bahkan secara khusus memberikan pujian kepada Jay Idzes, yang baru saja menjadi WNI pada Februari lalu.

Timnas Indonesia Dapat Kabar Baik dari Maarten Paes, Kiper FC Dallas itu Resmi Jadi WNI

Menurut Hamka, pehadiran pemain kelahiran Belanda tersebut memang punya dampak signifikan di sektor pertahanan. Soal jiwa kepemimpinan Jay Idzes, Hamka ikut mengakuinya. Menurut kapten RANS Nusantara FC itu, usia tak menghalangi seorang pemain muda untuk bisa menjadi pemimpin di atas lapangan.

"Memang sifat leader itu tidak berhubungan dengan usia ya. Kepemimpinan itu datang dari diri sendiri. Misalnya, apakah pemain tersebut bisa bergaul dengan teman-temannya yang lain," kata Hamka.

Ribuan masyarakat nobar Timnas Indonesia U 23 melawan Uzbekistan dalam ajang Piala AFC Asian Cup U- 23 Qatar 2024 yang bertempat di Area D'Colony Lobby  Gaiya Mall  Bumi Raya City pada Senin 29 April 2024 malam.  (Istimewa)

Polda Kalbar Hadiahkan 5 Arwana Super Red saat Nobar Timnas Indonesia U-23

Tidak hanya dua unit sepeda motor, Polda Kalbar berikan doorprize unik kepada masyarakat yang menyemarakkan nonton bareng (nobar) Timnas Indonesia U-23 .

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024