Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan pihaknya puas dengan kinerja Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

Capaian Timnas Indonesia U-23 Lebihi Ekspektasi, Peluang Lolos Olimpiade 2024 Paris Masih Terbuka

Shin Tae-yong mengangkat peringkat FIFA Timnas Indonesia level senior ke urutan 134 dunia. Sementara itu, dia juga meloloskan tiga tim nasional yakni U-20, U-23 dan senior ke Piala Asia. 

Teranyar, Shin Tae-yong mengukir sejarah sebagai pelatih pertama yang mampu membawa Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan di Piala Asia U-23. 

Ada Nobar Indonesia Vs Irak di Monas, Layanan Bus Transjakarta Diperpanjang

Meski demikian, Erick menyatakan PSSI enggan buru-buru memperpanjang kontrak sang pelatih. Dia berkomitmen untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga 2027 jika sang juru taktik mampu mencapai target yang diberikan.  

Shin Tae-yong sebelumnya ditarget membawa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan sudah digapai.

Mau Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Irak di Monas, Ini Lokasi Parkirnya

Kini, tersisa satu target yang harus dipenuhi Shin Tae-yong demi mendapat perpanjangan kontrak dari PSSI, yakni membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. 

Skuad Garuda Muda berpeluang untuk mencapai target setelah mengalahkan Australia U-23 1-0 dalam matchday kedua Grup A dan kini bertengger di urutan dua klasemen dengan tiga poin. 

Erick menegaskan PSSI dan Shin Tae-yong sudah punya kesepakatan. Pihaknya enggan buru-buru memperpanjang kontrak sang pelatih karena asas profesional yang sudah ditentukan. 

"Ketika kita bersepakat itu yang kita pegang. Puas enggak [dengan kinerja Shin Tae-yong]? Ya puas," kata Erick Thohir di Jakarta pada Jumat 19 April 2024.

Erick mengaku enggan berandai-andai andai Timnas Indonesia U-23 nyatanya gagal melangkah ke perempat final Piala Asia U-23 2024. 

Meski demikian, dia mengisyaratkan akan ada penilaian lain yang bisa menentukan diperpanjang atau tidaknya kontrak STY andai "mimpi buruk" itu terjadi. 

"Ya itu baru penilaian yang berbeda. Tetapi saya bersama PSSI kita berdiri tegak di atas wilayah profesionalisme," kata Erick Thohir.

Kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia akan berakhir pada Juni tahun ini. Meski belum mempersembahkan trofi, juru taktik asal Korea Selatan itu mampu mendongkrak performa skuad Garuda di berbagai kelompok umur. 

Andai mampu setidaknya bermain imbang kontra Yordania dalam matchday ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong bakal dipastikan membawa Garuda Muda lolos ke perempat final. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya