Kemelut PSSI

Sikap Menegpora tentang Rekomendasi FIFA

Andi Mallarangeng dan sepedanya
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah memberikan rekomendasinya atas krisis PSSI. Terdapat dua hal penting dari rekomendasi FIFA sesuai hasil sidang Komite Eksekutif 2-3 Maret 2011.

Pertama, PSSI diminta segera menyelesaikan permasalahan di seputar lahirnya Liga Primer Indonesia (LPI). Kedua, PSSI diminta segera menggelar kongres untuk memilih ketua umum baru sebelum 30 April 2011. Sebelumnya, Komite Eksekutif (Exco) FIFA memerintahkan PSSI untuk menggelar kongres pendahuluan pada 26 Maret mendatang guna membentuk Komite Pemilihan dan mengadopsi tata tertib pemilihan pengurus dengan mengacu pada Standard Electoral Code FIFA.

"Semuanya itu harus diselenggarakan secara transparan. Juga merujuk kepada Standard Electoral Code FIFA serta Statuta FIFA yang asli dan sesuai maknanya dalam Bahasa Inggris," kata Menteri Negara Pemuda dan Olahraga
(Menegpora) Andi Mallarangeng ketika dihubungi VIVAnews, Minggu, 6 Maret 2011. "Saya harap semuanya berjalan dengan baik. Baik dalam arti segera selesai agar bisa lebih fokus kepada pembinaan dan peningkatan prestasi."

Menegpora menolak pernyataan pengurus PSSI bahwa selama ini ada perbedaan penafsiran Standar Statuta FIFA dengan kementerian yang dipimpinnya. Menurut Direktur Hukum dan Peraturan PSSI, Max Boboy, Standar Statuta FIFA itu sudah dijadikan dasar dalam menyusun Statuta PSSI. Kata Max, Statuta FIFA bisa disesuaikan dengan kebutuhan federasi masing-masing negara.

"Tidak boleh ada penafsiran sendiri, karena di Statuta FIFA semuanya sudah jelas. Bahwa calon ketua umum tidak boleh pernah melanggar hukum pidana. Hal itu juga ada di AD/ART Komite Olimpiade Indonesia/Komite Olahraga Nasional (KOI/KON)," kata Menegpora.

LPI

Menyangkut keberadaan LPI, Menegpora mengatakan permasalahan itu bisa diselesaikan asalkan pihak-pihak yang terlibat duduk bersama untuk mencari jalan keluarnya.

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

"Sesuai keputusan FIFA, PSSI diminta mengendalikan LPI. Dan LPI selama ini hanya minta pengakuan kepada PSSI," kata Menteri Andi Mallarangeng. "Makanya, yang penting sekarang Kongres dulu. Nanti Ketua Umum dan pengurus PSSI yang baru terpilih harus berdialog dengan LPI."

Ketika berdialog dengan Ketua Umum KOI/KON, Rita Subowo, Jumat 4 Maret 2011, Ketua Umum PSSI Nurdin Halid menyatakan akan membuka ruang untuk berdialog dengan pengurus LPI. Nurdin juga menjelaskan, PSSI telah membalas surat LPI pada Januari lalu dan telah berkomunikasi dengan pengagas LPI, Arifin Panigoro.

Sedangkan Ketua Umum KON/KOI, Rita Subowo, berjanji akan memfasilitasi pembicaraan antara PSSI dengan LPI maupun dengan pihak pemerintah, dalam hal ini Menegpora. Rita berharap krisis PSSI saat ini bisa segera mereda agar tercipta suasana kondusif menjelang SEA Games 2011 yang akan digelar di Indonesia. (kd)

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab
Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024