Dubes Siap Atur Pertemuan FIFA-PSSI-KONI

Sepp Blatter
Sumber :
  • BBC

VIVAnews - Duta Besar RI untuk Swiss, Djoko Susilo akan memfasilitasi pertemuan PSSI, KONI, dan Komisi X DPR dengan FIFA. Langkah ini merupakan upaya mencari solusi bagi permasalahan persepakbolaan nasional saat ini.

Pernyataan ini diungkapkan Djoko dalam perbincangan di acara Apa Kabar Indonesia Malam tvOne, Kamis malam, 10 Maret 2011. Dalam acara ini, hadir juga anggota  DPR RI  Dedy "Miing" Gumelar dan Djamal Aziz.

"Kalau memang semua sepakat untuk bersama-sama bertemu dengan FIFA, kami dari Kedutaan Besar RI untuk Swiss bersedia memfasilitasinya," kata Djoko dalam wawancara jarak jauhnya.

"Kami akan mengupayakan untuk pengurusan visa bagi para peserta yang akan bertemu FIFA," lanjutnya.

Usulan ini awalnya datang dari Djamal. Menurutnya, pertemuan ini bakal menghilangkan bias informasi yang selama ini diterima oleh masyarakat terkait dengan instruksi FIFA.

"Kita kan dapat informasi yang katanya-katanya. Semua pihak yang bertemu FIFA berbeda-beda informasinya," kata Djamal.

"Kalau semua informasi berdasarkan katanya-katanya, maka permasalahan ini tidak akan pernah selesai. Akan lebih baik kalau semua pihak secara bersama-sama bertemu dengan FIFA. Dengan demikian, tidak ada perdebatan lagi," lanjutnya.

Sebelumnya, tiga pihak yang mewakili Indonesia  telah bertemu denga FIFA secara bergantian. Senin, 7 Maret 2011, dua wakil PSSI telah bertemu dengan Sekjen FIFA, Jerome Vackle.

Mereka membicarakan mengenai penyelenggaraan kongres pemilihan Komite Pemilihan dan Kongres pemilihan pengurus baru PSSI. Kongres pertama harus digelar pada 26 Maret dan kongres kedua paling lambat pada 30 April 2011.

Dua hari kemudian, giliran Dubes RI untuk Swiss Djoko Susilo yang bertemu Presiden FIFA Sepp Blatter. Di hari yang sama, Ketua KONI/KOI Rita Subowo juga bertemu dengan Blatter.

Ketiga pihak membawa informasi yang berbeda. Djoko mengatakan kalau Blatter melarang Ketua Umum PSSI Nurdin Halid untuk maju kembali.

Informasi dari Rita lain lagi. Mantan ketua umum PB PBVSI itu justru mengatakan kalau empat calon yang telah digugurkan oleh Komite Banding, yakni Nurdin Halid, Georger Toisutta, Nirwan Bakrie, dan Arifin Panigoro lah yang tidak boleh mencalonkan diri lagi.

FIFA dalam rilisnya tadi malam menegaskan bahwa tidak ada keputusan baru yang diambil dalam pertemuan tersebut. Artinya, PSSI hanya perlu menjalankan hasil Rapat Exco FIFA yang digelar 2-3 Maret lalu.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Elite politik yang kalah perlu mencontoh sikap ksatria dari sosok Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto dalam menghadapi apapun hasil dari sebuah kandidasi politik.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024