Profil Singkat Calon Ketua Umum PSSI (I)

Kongres PSSI; IGK Manila
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - 18 kandidat akan bertarung memperebutkan kursi PSSI 1 di Kongres Luar Biasa PSSI, 9 Juli mendatang. Seluruh kandidat datang dari latar belakang yang beragam termasuk pengusaha dan politikus.

Adik Irish Bella Respons Begini Saat Kakaknya Dijodoh-jodohkan dengan Abidzar

Bahkan ada beberapa calon yang datang dengan status sebagai Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat. Tak hanya piawai di bidangnya masing-masing, sebagian bahkan punya pengalaman yang mumpuni di dunia sepakbola.

Berikut profil singkat kandidat ketua umum PSSI Periode 2011-2015:

1. Agusman Effendi
Pria kelahiran 5 Agustus 1954 ini lebih dikenal sebagai seorang pengusaha dan politisi. Ia pernah menjadi Komisaris Utama PT Bukit Nusa Indah Perkasa Jakarta (1995-2001),  Komisaris Utama PT Tatawira Sakti Jakarta (1995-2001) dan Dirut PT Lautan Berlian Realty Jakarta (1998-2004). Agusman juga diketahui merupakan politisi Partai Golkar. Untuk pengalaman di sepakbola, ia pernah menjadi pejabat Plt Ketum PSSI di tahun 2004 saat Nurdin Halid terbelit kasus pidana.

2. Adhan Dambea
Ketua klub Persigo Gorontalo, Adhan Dambea, resmi menjadi satu dari 18 calon Ketua Umum PSSI. Ia dicalonkan oleh Pengurus cabang PSSI Provinsi Gorontalo.
Selain aktif di kepengurusan sepakbola, ia juga menjabat sebagai Wali Kota Gorontalo. Saat ini, ia menjadi ketua Nasional Demokrat Gorontalo

3. Jusuf Rizal
Jusuf Rizal dikenal sebagai Presiden LIRA (Lumbung Informasi Rakyat). Selain aktif di LIRA, Jusuf juga pernah menjabat sebagai Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI. Disamping itu, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Marketing dan Promosi PSSI. Atas pengalamannya berkecimpung di PSSI, Jusuf pun memberanikan diri maju dalam bursa calon Ketua Umum PSSI.

4. Syarif Bastaman
Pria kelahiran Tasikmalaya, 12 Juni 1963 ini dikenal sebagai politisi Senayan. Saat ini Syarif masih menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi VII dari fraksi PDI Perjuangan. Di internal partai, pria yang biasa di panggil Syabas ini juga menjabat sebagai Sekjen Banteng Muda Indonesia. Berbagai jabatan di dunia olahraga ia emban seperti Ketua Persatuan Squash Indonesia, Ketua Harian GABSI (Bridge). dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Hukum PSSI.

5. IGK Manila
I Gusti Kompyang Manila S.Ip adalah pensiunan Mayor Jenderal TNI AD (POM ABRI) kelahiran Singaraja, 8 Juli 1942. Manila mengawali karir militer saat lulus Akademi Militer Nasional pada tahun 1964. Jabatan yang pertama diemban adalah sebagai Danton Yon PP 1965. Selanjutnya, berbagai jabatan militer diemban, antara lain ADC Pangkopur Pom IV Kalbar 1966, Kabag Hartib Disprovad 1978, dan Pusdik POM 1985 hingga Staf Ahli Pangab 1993. Bukan hanya dunia militer yang dijalani, Manila juga turut aktif di olahraga Sepakbola. Pada tahun 2007, IGK Manila pernah menjabat sebagai Ketua BWSI (Badan Wasit Seluruh Indonesia) PSSI. IGK Manila juga pernah menjabat sebagai manajer Persija Jakarta.

6. Habil Marati
Pria kelahiran 7 November 1962 ini dikenal sebagai politisi dari Partai Persatuan Pembangunan. Meski demikian, dunia sepakbola bukanlah sesuatu yang asing baginya. Ia pernah menjabat sebagai penasehat PSSI Sumut 2002-2005.

7. Wahidin Halim
Pria kelahiran Tangerang, 14 Agustus 1954 ini menghabiskan hidupnya lebih banyak di dunia pemerintahan. Wahidin Halim mengawali karir di 1978 sebagai Kepala Desa Pinang. Tahun demi tahun berbagai jabatan pernah ia jalani seperti Camat Tigaraksa, Camat Ciputat, Sekda Kota Tangerang hingga jabatan puncak sebagai Walikota Tangerang selama dua periode (2003-2008 dan 2008-2013). Ada 3 cabang olahraga yang ia tekuni hingga kini yakni sepak bola, badminton, dan catur. Wahidin pernah menjadi pengurus dan manajer Persita. Saat ini,  Waihidin masih menjabat sebagai Ketua Umum Persikota Tangerang. Dua klub ini telah memberinya pengalaman berharga dalam mengurusi sepakbola nasional

8. Sarman
Sarman El Hakim adalah ketua Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI). Ia juga merupakan Ketua Sepakbola Alumni Universitas Indonesia. Majunya Sarman dalam bursa Ketum PSSI 2011-2015 didukung oleh Persikad Depok

9. Yesaya Buenei
Yesaya adalah Ketua Umum Persiwar Waropen dan juga Bupati Waropen Papua. Ia juga pernah menjabat beberapa posisi penting di pemerintahan Provinsi Papua.

Bakal Jadi Calon Wali Kota Kediri, Begini Reaksi Kelabakan Vinanda Prameswati saat Ditanya Program
Juru parkir

Dishub DKI Bakal Tindak Tegas Juru Parkir Liar Minimarket, Gandeng TNI-Polri Lakukan Razia

Juru parkir itu justru baru muncul saat sejumlah kendaraan hendak keluar area parkir minimarket. Tidak heran, jika keberadaan juru parkir ini menimbulkan berbagai kontra.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024