Naturalisasi Tak Jamin Pemain Masuk Timnas

Stefano Lilipaly
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin menegaskan tidak ada jaminan jika para pemain naturalisasi akan secara otomatis masuk skuad Timnas Indonesia. Menurutnya, kualitas para pemain naturalisasi akan terlebih dahulu diuji dan diseleksi seperti pemain lokal lainnya.

"Tidak ada lagi jemput bola. Hal itu terpulang pada pelatih. Siapa yang diminati pelatih, silahkan dambil. Jika pelatih menganggap layak, ya sudah silahkan dipakai," ujar Djohar di kantor PSSI, Kamis, 11 Agustus 2011.

Sebelumnya, mantan Deputi Bidang Teknis Timnas, Iman Arif mengungkapkan ada sebanyak enam pemain asing yang sudah lolos naturalisasi dan berpeluang membela timnas Indonesia di ajang Pra Piala Dunia 2014.

Keenam pemain itu ialah Stefano Lilipaly, John van Beukering, Sergio van Dijk, Tonny Cussel, dan dua pemain yang saat ini bermain di Indonesia Super League (ISL), Victor Igbonefo (Persipura/Nigeria) dan Greg Nwokolo (Persija/ Nigeria).

"Naturalisasi enam pemain itu sudah disetujui dan sudah selesai di Komisi III DPR dan Komisi VIII, sudah ditandatangani oleh ketua MPR, salinan akan dikirim ke Presiden," ujar Iman Arif.

"Dalam beberapa hal ke depan mereka akan menjadi WNI, lalu mereka akan dibawa ke Departemen Hukum dan HAM untuk minta disumpah seperti Ruben (Wuarbanaran) kemarin," lanjutnya.

"Insya Allah sebelum lebaran mereka sudah menjadi WNI. Namun kemungkinan belum bisa gabung di pertandingan pertama (melawan Iran).  Mungkin mereka baru bisa bergabung saat Indonesia menghadapi Bahrain," ujar Iman.

Namun, keputusan mereka akan dipanggil atau tidak tergantung pada keputusan pelatih Wim Rijsbergen. "Saya hanya meneruskan pekerjaan yang sudah jalan. Setelah ini selesai, mereka harus mengikuti seleksi timnas dahulu, dan itu semua tergantung dengan kebutuhan tim," jelas Iman. (sj)

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah
Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) oleh petugas saat sedang menjaring sampah di kali.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024