Lawan Iran, Indonesia Dipastikan Tanpa Nasuha

M. Nasuha
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Indonesia dipastikan tidak akan diperkuat Muhammad Nasuha saat menghadapi tuan rumah Iran, Jumat, 2 September 2011. Nasuha absen karena akumulasi kartu.

Nasib Nasuha dalam laga ini sebelumnya sempat simpang siur. Pasalnya, manajemen timnas tidak terima dengan kartu kuning kedua yang diterima bek sayap Persija itu.

Nasuha menerima kartu kuning kedua saat bertemu Turkmenistan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 28 September 2011. Duel ini merupakan leg kedua babak kedua Pra Piala Dunia (PPD) 2014.

Saat itu wasit mengganjar Nasuha kartu kuning setelah salah seorang pemain lawan terjatuh di lapangan. Namun keputusan ini sempat diprotes asisten pelatih timnas yang kini menangani timnas U-23, Rahmad Darmawan.

Menurut Rahmad, saat itu Nasuha tidak melakukan pelanggaran, melainkan Ahmad Bustomi. Rahmad juga mengaku sempat mengajukan protes kepada wasit kedua.

Mekanisme protes sebenarnya telah diatur pada aturan FIFA mengenai Piala Dunia. Tepatnya, pada pasal 14 ayat 3 mengenai protes keabsahan pemain dalam sebuah laga.

Pada pasal ini disebutkan bahwa, protes harus disampaikan secara tertulis kepada Match Commissioner dalam waktu sejam dari laga yang dipermasalahkan. Protes itu juga harus diikuti dengan laporan lengkap dan segera dikirim kepada Sekretaris Jenderal FIFA.

Sayang, manajamen timnas tidak mampu berbuat banyak menghadapi kekeliruan ini. Mereka memilih memilih untuk menyerahkan permasalahan tersebut kepada PSSI.

Dalam rilis yang diterima VIVAnews, Kamis, 1 September 2011, manajamen timnas akhirnya memastikan Nasuha tidak bisa memperkuat Indonesia saat bertemu Iran, besok. Sedangkan tuan rumah juga akan kehilangan dua pemainnya, yakni Karim Ansari Fard dan Mazyar Zare.

Sementara itu, kiper Indonesia Ferry Rotinsulu juga kemungkinan besar belum bisa tampil karena cedera. Kiper Sriwijaya FC itu mengalami cedera lutut kanan dalam uji coba lawan Palestina, 27 Agustus lalu.

Indonesia akan berhadapan dengan Iran di Stadion Azadi, Tehran, Jumat, 2 September 2011. Dalam duel ini, Indonesia akan mengenakan kostum merah-hijau-hijau, sedangkan Iran tampil dengan kostum putih-putih-pitih.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel
Secret Ingredient Viu

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Berperan sebagai Chef Arif, Nicholas Saputra sedikit banyak juga harus mempelajari soal dunia dapur sebelum memulai syuting.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024