Sriwijaya FC Permalukan Persiba 5-1

Keith Kayamba Gumbs
Sumber :
  • google

VIVAnews - Sriwijaya FC berhasil mempermalukan Persiba Balikpapan dalam lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), Minggu, 15 Januari 2012. Sempat tertinggal di awal babak pertama, Laskar Wong Kito berhasil bangkit dan menang dengan skor telak 5-1.

Bertanding di Stadion Jakabaring, Palembang, SFC sempat tertinggal lewat gol Aldo Bareto pada menit ke-11. Namun Dua gol SFC yang dicetak Firman Utina (38') dan Hilton Moreira (41') membawa SFC berbalik unggul 2-1 hingga jeda turun minum.

Di babak kedua, SFC semakin agresif dan tidak memberi celah kepada tim lawan dalam mengembangkan permainannya. Baru enam menit babak kedua berjalan, SFC nyaris saja menambah gol lewat Keith Kayamba Gumbs memanfaatkan umpan Hilton Moreira.

Hilton yang berhasil melakukan solo run dengan jeli memberikan umpan kepada Kayamba yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan Kayamba berhasil mengecoh penjaga gawang Persiba, I Made Wirawan.

Unggul 3-1 membuat pemain SFC bermain lebih lepas. Rotasi yang dilakukan oleh pelatih Kashartadi juga berjalan sesuai rencana. Beberapa kali SFC berhasil mengancam pertahanan Persiba.

Persiba berusaha meredam serangan SFC dengan memasukkan Richard Caceres menggantikan Matsunaga Shohei. Namun kehadiran mantan pemain Persija itu tidak banyak membantu tim tamu, Persiba.

Pada menit -56, kemelut kembali terjadi di mulut gawang Persiba. Berawal dari blunder yang dilakukan I Made Wirawan saat menghalau bola berhasil disambut Kayamba lewat tendangan keras. Sayang, bola masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-78, SFC kembali memperlebar jarak melalui Ahmad Jufrianto memanfaatkan bola muntah sepakan M Ridwan. SFC melengkapi kemenangannya menjadi 5-1 lewat gol yang dicetak pemain pengganti Siswanto pada menit ke-84. Skor ini bertahan hingga pluit panjang dibunyikan.

Dengan kemenangan ini, SFC semakin kokoh di puncak klasemen dengan torehan 19 poin dari 8 laga. Di belakangnya menyusul Persipura Jayapura dengan torehan 16 poin dari 7 pertandingan.

Susunan Pemain
Sriwijaya FC:
Ferry Rotinsulu (GK), Supardi (Siswanto), Therry Gathusi, Ahmad Jufrianto, Mahyadi Panggabean, Lim Joo Sik, Ponaryo Astaman (Samsul Bahri), Firman Utina, M Ridwan, Hilton Moreira, Kayamba Gumbs
Pelatih: Kashartadi

Persiba Balikpapan:
I Made Wirawan (GK), Iqbal Samad, Tomislav Labudovic, Rahmad Latief, Dwi Joko, Saiful Lewenusa, Ahmad Sembiring, Asri Akbar, Aldo Bareto (c), Shohei Matsunaga (Ricard Caseres), Kenji Adachihara
Pelatih: Haryadi

Penalti Luiz Junior Bawa Barito Ungguli SFC di Babak I
Penyerang Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, usai cetak gol

Sriwijaya FC Bantai PS TNI di Jakabaring

Tujuh gol tercipta di laga ini. Alberto Goncalves mencetak empat gol.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016