Penyelesaian Akhir Fokus Latihan Timnas U-21

Widodo C Putro
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

VIVAbola - Pelatih Timnas U-21 Indonesia, Widodo Cahyono Putro, menilai kinerja pasukannya terus membaik. Widodo mengaku tinggal fokus dalam mengasah penyelesaian akhir para pilar Garuda Muda. Namun Widodo juga beberkan kelemahan yang masih dimiliki pasukannya.

Timnas U-21 Indonesia kini sedang menjalani pemusatan latihan di Padepokan Voli, Sentul, Jawa Barat. TC dilakukan guna mempersiapkan Garuda Muda mengikuti turnamen Sultan Hasanal Bolkiah di Brunei Darusallam pada 27 Februari-5 Maret 2012 mendatang.

"Evaluasi dari beberapa hari ini dan pertandingan uji coba sangat bagus. Mereka sudah ada kemajuan yang signifikan terutama kerja sama tim dan komunikasi. Dari uji coba itu kita evaluasi mereka sudah menciptakan beberapa peluang, tinggal finishing saja yang masih perlu kita asah," kata Widodo usai memimpin latihan di Padepokan Voli, Sentul, Jawa Barat, Jumat 3 Februari 2012.

Menurut Widodo, kompaknya pasukan Garuda Muda ini juga dapat dilihat dari 4 laga uji coba yang dilalui. Dari empat kali uji coba, skuad Garuda Muda sukses sapu bersih kemenangan.

"Kalau menyatu, mereka sudah kenal satu sama lain. Cuma, permainan tidak bisa ditebak dan kita harus terus berbenah dan saya belum puas dengan kinerja pemain ini. Kita masih akan terus melakukan evaluasi."

Menurut Widodo, pengalaman menjadi kelemahan utama di skuadnya. Pasalnya, banyak pemain Timnas U-21 yang tidak bermain reguler di klub mereka.

"Pemain-pemain ini masih muda, mungkin di timnya juga bukan starter tim. Dari segi mental, jam terbang pertandingan, mereka perlu ditingkatkan lagi. Ke depannya kita masih harus uji coba beberapa kali lagi."

"Yang menonjol ada beberapa pemain, tapi saya kira perlu waktu untuk bisa lebih bagus lagi," lanjut mantan asisten Rahmad Darmawan tersebut.

Terkait turnamen Sultan Hasanal Bolkiah sendiri, Widodo mengaku ingin timnya berjuang dengan maksimal. "Mau memberikan yang terbaik dari setiap pertandingan dan memenangkan setiap pertandingan," pungkas Widodo. (umi)

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016