Penjelasan Dokter Persija Soal 'Buka Puasa Gorengan'

Pemain Persija buka puasa usai latihan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Satria Permana

VIVA.co.id – Menu berbuka puasa Persija Jakarta sempat menjadi polemik dalam beberapa hari belakangan. Berbagai pihak mengkritik manajemen Persija lantaran para pemain terlihat mengonsumsi gorengan pada latihan perdana di periode Ramadan, Selasa 7 Juni 2016 lalu.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih

Padahal, gorengan merupakan makanan yang tak sehat. Makanan ini, banyak mengandung lemak dan sangat berisiko meningkatkan kolesterol.

Hal tersebut diakui dokter tim Persija, Nanang Tri Wahyudi. "Gorengan sangat tidak baik karena mengandung lemak yang tinggi. Seharusnya, konsumsi makanan yang mengandung serat dan gizi tinggi saat berbuka," terang Nanang lewat pesan singkatnya kepada VIVA.co.id, Kamis 9 Juni 2016 malam.

Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo

Lantas, mengapa ada pemain Macan Kemayoran yang mengonsumsi gorengan? "Bukan dari manajemen yang menyiapkan. Ada yang beli gorengan itu. Tim menyiapkan kurma, pisang, dan teh manis. Kejadian itu benar-benar di luar program kami," jelasnya.

Nanang pun menganjurkan agar para pemain bisa mengatur pola makan mereka lebih baik selama Ramadan. Ismed Sofyan dan kawan-kawan dianjurkan untuk lebih banyak minum air putih serta diwajibkan  makan saat sahur. "Pastinya, hindari makanan berlemak dan berminyak," tegas Nanang.

Syahrian Abimanyu Kartu Merah, Persija Dikalahkan Borneo FC

Sebagai perbandingan beberapa klub melarang para pemainnya untuk mengonsumsi gorengan selama berbuka. Semen Padang dan Barito Putera contohnya. Saat berbuka, para pemain dari kedua klub tersebut mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat, karbohidrat, dan gizi yang tinggi.

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman

Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC

Pelatih Persija, Sudirman mengakui Borneo FC layak menang atas timnya. Dia juga menilai para pemainnya masih sering melakukan kesalahan.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022