Kata Persija Soal Penggunaan Wasit Asing di ISL

Wasit lokal (biru) di kompetisi di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/D.A Pitaloka

VIVA.co.id – PSSI berencana menggunakan jasa wasit asing dalam kompetisi resmi musim depan. Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Pelatih Persija Akui Keganasan Borneo FC

Pertimbangan tersebut diambil setelah melihat kinerja wasit selama ini. Ternyata, masih banyak wasit lokal yang kurang tegas dan terkadang salah mengambil keputusan.

Hal tersebut tentu sangat merugikan bagi tim yang sedang bertanding. Namun, wacana tersebut tak sepenuhnya didukung oleh seluruh pihak.

Persija Kalah Beruntun di 3 Pertandingan, Ini Kata Pelatih

Salah satu pihak yang masih meragukan keputusan tersebut adalah pelatih Persija Jakarta, Zein al-Hadad. Menurutnya, lebih baik meningkatkan kualitas wasit lokal dibandingkan menyewa wasit dari luar negeri.

"Saya sebenarnya lebih setuju wasit lokal. Tetapi kalau memang nanti ada peraturan pemakaian wasit asing, kami dukung saja," ujar Zein saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu sore, 16 November 2016.

Pelatih Persija Setuju Syahrian Abimanyu Kena Kartu Merah Lawan Borneo

Sebenarnya, dia tidak melarang penggunaan wasit dari luar negeri. Tetapi, dia lebih memilih untuk menggunakan wasit lokal. Hanya saja tentu dengan berbagai evaluasi.

"Saya merasa harus dicoba terlebih dahulu (penggunaan wasit asing). Tetapi saya rasa wasit kita sendiri tidak ada masalah, yang penting lebih tegas," jelasnya.

Akhir pekan ini, Persija akan bertandang ke markas Madura United, dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC). Laga ini dihelat pada Minggu, 20 November 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya