Benteng Goyah Saat Tandang, Problem Pelik PS TNI

Para pemain PS TNI
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – PS TNI adalah kontestan pertama penakluk PSM Makassar, pemuncak klasemen Liga 1 2017. Sayang, kinerja The Army belum stabil. Problem ada di laga tandang dan areal pertahanan. Ini pekerjaan rumah pelik buat Ivan Kolev.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Dibandingkan pencapaian klub unggulan macam Arema FC dan Persib Bandung, derap PS TNI jelas lebih gagah. Skuat besutan Kolev di urutan tujuh klasemen dengan raihan 15 poin dari sembilan laga. Arema FC di urutan sembilan dengan 14 poin dan Persib di urutan 11 dengan 13 poin.

PS TNI bahkan sempat menghuni deretan tiga besar setelah menampar PSM dengan kemenangan 2-1 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor. Posisi Abduh Lestaluhu cs melorot akibat terjengkang di dua laga tandang. Mereka kalah 1-4 di markas Madura United dan 3-5 ketika dijamu Mitra Kukar.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

(Baca juga: PS TNI Pastikan Jamu Persija di Stadion Pakansari)

Selisih gol PS TNI juga buruk. Mereka defisit 1 gol (17-18). Hingga laga kesembilan, gawang mereka terbanyak kebobolan di antara kontestan lain. Problem di areal pertahanan ini melengkapi kelemahan mereka setiap bertarung di kandang lawan. Kolev harus bekerja keras membenahinya.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

“Para pemain kerap emosional dan itu membuat performa tim tak stabil. Dalam situasi seperti itu, pertahanan kami mudah goyah, terutama saat tampil di laga tandang. Tak mudah mengatasi problem ini, tapi saya harus terus berupaya menemukan solusinya,” ungkap Kolev.

Juru taktik asal Bulgaria itu perlu putar otak lebih kencang agar PS TNI tak makin kedodoran di tengah persaingan yang menajam. Sempat tak terkalahkan di enam laga awal beruntun, termasuk menang 1-0 atas tuan rumah Barito Putera, The Army melemah sejak ambruk di markas Madura United.  

Kinerja kiper Teguh Amiruddin adalah prioritas pembenahan Kolev. Juga mentalitas pilar lain di luar Abduh dan Manahati Lestusen. Pemain pengganti macam Ganjar Mukti dan Yus Arfandi kerap gagap saat situasi di lapangan menegang. Itu teratasi, The Army berpotensi kembali tapaki trek juara.

PS TNI dan Data
Nama resmi: Persatuan Sepakbola Tentara Nasional Indonesia
Julukan: The Army
Berdiri: 2016
Homeground: Stadion Pakansari Cibinong, Bogor
Pelatih kepala: Ivan Kolev
Kapten tim: Abduh Lestaluhu
Kompetisi: Liga 1 2017
Posisi: 7
Main: 9
Menang: 4
Imbang: 3
Tumbang: 2
Poin: 15
Gol memasukkan: 17
Gol kemasukan: 18
Kartu kuning: 31
Kartu merah: 4

5 Laga Terakhir PS TNI
09-05-2017: Barito Putera 0-1 PS TNI
15-05-2017: PS TNI 2-1 PSM Makassar
19-05-2017: Madura United 4-1 PS TNI
27-05-2017: PS TNI 3-2 Persela Lamongan
02-06-2017: Mitra Kukar 5-3 PS TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya