Pentolan Viking: Perdamaian Suporter Bukan Perkara Mudah

Pentolan Viking Persib, Yana Umar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman (20-7-17)

VIVA.co.id – Kemenpora menggelar aksi damai antar suporter di Wisma Menpora, Jakarta, Kamis 3 Agustus 2017. Pada acara tersebut diikuti 50 perwakilan suporter dari berbagai klub di Indonesia. 

Hanya tiga kelompok suporter yang tidak hadir pada acara tersebut. Mereka adalaj Viking Persib, Bonekmania dan The Jakmania. 

Pentolan Viking Persib, Yana Umar mengatakan pihaknya absen karena tidak mau dalam proses perdamaian ada sebagian pihak yang coba memanfaatkan situasi tersebut. 

Aksi Menepi Tak Digubris Manajemen, Viking Persib Club Putuskan Kembali ke Stadion

Viking sendiri sedang berupaya mengakhiri perseteruan dengan suporter Persija, The Jakmania. Seperti diketahui, kedua suporter ini memiliki riwayat rivalitas yang sangat kental. 

 "Saya mendukung untuk suporter yang tidak datang ke acara Menpora. Bukan waktunya Menpora ikut campur. Biarkan suporter sendiri yang menyelesaikan (perdamaian). Dulu juga tidak ada campur tangan dari Menpora. Jadi jangan cari muka lah," kata Yana, Jumat 4 Agustus 2017. 

Ketua Viking Persib Club Dapat Hukuman dari Komdis PSSI

Yana menjelaskan deklarasi damai antar suporter bukan perkara mudah. Mereka harus lebih dulu bersosialisasi dengan anggotanya yang ada di berbagai daerah. 

"Kami juga sedang berusaha (perdamaian) terutama di perbatasan. Karena tidak semua wilayah atau distrik berkeinginan damai. Maka kami terus berusaha bagaimana cara agar damai benar-benar bisa dilakukan secara keseluruhan," jelas Yana. 

Pada pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa suporter di Indonesia bisa menunjukan sikap loyalitas dalam mendukung tim kesayangannya dan menghormati pertandingan dengan tidak menunjukan permusuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya