Pemain Ini jadi Elemen Kesuksesan MU Selain Ronaldo

Park Ji-Sung saat masih bermain bersama Manchester United
Sumber :
  • Manutd.com

VIVA – Mantan kapten Manchester United, Wayne Rooney, mengungkapkan satu sosok penting yang membuat Setan Merah menguasai Premier League di medio 2006-2010 selain Cristiano Ronaldo. Pemain itu adalah Park Ji-Sung.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Seperti diketahui, MU kembali menunjukkan dominasinya mulai 2006 setelah menyudahi hegemoni Chelsea yang merebut gelar juara Premier League dua musim sebelumnya. Tim yang kala itu masih dilatih Sir Alex Ferguson bahkan sukses menguasai kompetisi kasta tertinggi Inggris itu selama tiga musim beruntun.

Musim 2008 bisa dibilang menjadi salah satu musim terbaik MU. Bagaimana tidak, di musim itu, Setan Merah sukses merebut tiga trofi, Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Klub, ditambah Community Shield.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Deretan pemain seperti Rooney, Carlos Tevez, Cristiano Ronaldo, Paul Scholes, dan Ryan Giggs menjadi jaminan kesuksesan kubu Manchester Merah. Tapi, menurut Rooney, semua itu tak bisa terwujud tanpa peran Park Ji-Sung yang sangat vital di lini tengah.

"Ketika Anda menyebutkan nama Cristiano Ronaldo pada anak 12 tahun mereka mungkin akan berkata, 'Ya, dia adalah pemain hebat untuk MU', tapi jika Anda mengatakan Park Ji-Sung mereka mungkin tidak tahu," kata pemain 34 tahun dikutip Sportsmail.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

"Semua yang pernah bermain dengan Park tahu dia adalah pemain yang sama pentingnya dalam kesuksesan kami. Itu karena apa yang Park berikan adalah permainan kolektif dan saya membicarakan tentang tim. Mereka juga sama pentingnya di olahraga ini," jelasnya.

Rooney memberi contoh ketika pria asal Korea Selatan itu ditugaskan mengawal Andrea Pirlo saat MU jumpa AC MIlan di Liga Champions 2010. Kala itu, Park Ji-Sung berhasil membuat sang maestro lapangan tengah itu mati kutu.

"Saya masih ingat pembicaraan Fergie sebelum melawan AC Milan. Dia dengan jelas mengatakan pada Park, 'Tugasmu hari ini bukan menyentuh bola, bukan membuat operan, tugasmu adalah Pirlo. Itu saja'," ungkap Rooney.

"Saya pikir Pirlo nyaris tidak membuat 40 operan dalam pertandingan itu dan 95 persen kesulitan bergerak karena Park begitu hebat dalam melaksanakan tugasnya," tutur dia.

Park Ji-Sung merumput selama tujuh musim di Old Trafford dan turut mempersembahkan 13 trofi sebelum hijrah ke Queens Park Ranger pada 2012.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya