Tekad Pep Guardiola Bawa Man City Sabet Treble Lagi

Manajer Manchester City, Pep Guardiola
Sumber :
  • Nick Potts/PA via AP

Inggris – Pep Guardiola mengatakan bahwa Manchester City punya peluang merebut treble winners pada musim ini. Dia mengutarakannya usai merebut posisi puncak klasemen Premier League dari Arsenal.

Terpopuler: Klasemen Akhir Premier League, Pesan Firman Utina untuk Bos Borneo FC

Manchester City ke puncak klasemen usai menang 5-1 atas Luton pada pertandingan Liga Inggris pekan ke-33, Sabtu 13 April 2024. Kemenangan yang membawa tim berjuluk The Citizens membukukan 73 poin hasil dari 32 laga.

Sekarang ini mereka unggul dua poin dari Arsenal dan Liverpool yang baru akan memainkan laga ke-32 musim ini pada Minggu 14 April 2024. The Reds akan menjamu Crystal Palace di Anfield Stadium, dan The Gunners menghadapi Aston Villa di Emirates.

Man City Juara 4 Musim Beruntun, Pep Guardiola: Ini Berkat Arsenal dan Liverpool

Man City masih tampil di dua kompetisi yakni semifinal Piala FA melawan Chelsea dan perempat final Liga Champions kontra Real Madrid. Musim lalu mengukir sejarah dengan menjadi tim Inggris kedua setelah Manchester United yang memenangkan Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA.

"Kami berbicara dengan para pemain tentang betapa luar biasa rasanya bisa berada di sini lagi (berpeluang meraih treble),” kata Guardiola sebagaimana diwartakan AFP, Minggu.

Terdegradasi dari Premier League, 3 Klub Ini Bakal Bersaing dengan Oxford United Musim Depan

"Bayangkan jika kami tidak punya peluang di Liga Inggris atau tidak punya peluang untuk kompetisi lainnya," imbuhnya.

"Satu-satunya cara adalah memenangkan pertandingan dan memberikan tekanan kepada pesaing. Luton adalah lawan yang sulit, oke kami mencetak lima gol. Hanya itu pesan yang bisa kami lakukan.”

Satu-satunya penghalang bagi timnya untuk meraih treble pada musim ini menurut Guardiola adalah kondisi pemain yang kelelahan. Mereka terlibat dalam tiga kompetisi dengan jadwal yang padat.

Dengan alasan itu, juru taktik asal Spanyol itu memilih untuk melakukan rotasi sebagian pemain kunci, misalnya dengan mengistirahatkan Rodri di Liga Inggris agar bisa tampil prima di Liga Champions. Dia juga berharap Kyle Walker dan Nathen Ake kembali bugar jelang laga melawan Los Blancos di Ettihad pada Kamis 18 April 2024.

Namun jika Manchester City tersingkir dari Liga Champions atau kalah dalam persaingan Liga Inggris, Pep tetap merasa puas karena telah timnya sudah berjuang dengan optimal.

"Kami memiliki enam pertandingan tersisa di liga dan jika kami tidak mampu (memenangkan liga), kami mengucapkan selamat kepada mereka. Sebab kami sudah melakukan tugas kami dan itulah yang harus kami lakukan," tutup Guardiola. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya