MU Simpan 5 'Daun Muda' Brasil di Belanda

Pemain MU
Sumber :
  • AP Photo/Burhan Ozbilici

VIVAnews - Tim Manchester United akan semakin disesaki para pemain asal Brasil kelak. Itu jika lima pemain muda Brasil yang disimpan di sebuah klub Belanda sukses mendapatkan paspor Eropa.

Juara Liga Belanda (Eredivisie), FC Twente menjadi klub feeder bagi MU untuk menampung bakat-bakat hebat dari Amerika Selatan. MU melakukan ini akibat sulitnya mendapatkan izin kerja dan visa dari Pemerintah Inggris bagi para pemain non Uni Eropa. Padahal, negara-negara Eropa lainnya terbilang fleksibel untuk hal ini.

Sebelumnya, Setan Merah juga telah menjalin kerjasama dengan klub Belgia, Royal Antwerp untuk menitipkan pemain asal China, Dong Fangzhuo. Dong belum mendapatkan izin kerja di Inggris sejak dipinang MU dari Dalian Shide pada 2008. Ia baru diberikan izin kerja jika telah memiliki jam terbang banyak bersama tim nasional China dan di Liga Belgia bersama Antwerp.

Di Twente, MU menitipkan lima pemain Brasil. Ini juga buah kerjasama MU dengan akademi milik klub Sao Paulo, Desportivo Brasil.

"Twente kini menjadi partner yang membantu MU memecahkan masalah untuk mendapatkan paspor Uni Eropa," kata pemilik Desportivo, Rodolfo Canavesi kepada Daily Mail.

"Setelah 2 atau 3 tahun, para pemain itu akan mendapatkan paspor Eropa. Dan tentu saja, mereka akan lebih mudah bermain di Liga Belanda daripada Liga Inggris (Premier League)."

Manajer MU, Sir Alex Ferguson telah menebar para pemandu bakatnya di Brasil, Argentina, Uruguay dan Paraguay. Jika menemukan pemain berbakat, mereka akan datang ke Desportivo. Lalu, para pemain ini ditampung Desportivo dan mulai dikontrak MU saat berusia 18 tahun.

"Jika para pemain itu menjadi top seperti Alexandre Pato, MU masih akan mendapatkan potongan harga karena kami menghargai ikatan kontrak. Jika mereka tak menyukai pemain itu, kami tetap akan menampungnya," lanjut Rodolfo.

Para pemain yang rata-rata masih di bawah 20 tahun itu yakni Gladstony, Aguilar, Lucas Evangelista, Agnaldo dan Rafael Leao sempat terbang ke Old Trafford, pekan lalu. Mereka menyaksikan laga MU kala menaklukkan Bolton Wanderers 1-0. Mereka berada di box VIP dan salah satunya sempat salah diidentifikasi media Inggris sebagai bintang muda Brasil, Douglas Costa yang kini memperkuat klub Ukraina, Shakhtar Donetsk.

Sebelumnya, MU telah merekrut Si Kembar asal Brasil, Rafael dan Fabio Silva dari Fluminense. Duet ini langsung mendapatkan izin kerja di Inggris atas campur tangan FIFA yang memberikan 'visa dengan bakat khusus' saat mereka berusia 18 tahun pada 2008.

Ditambah Anderson, MU kini memiliki tiga pemain asal Brasil. Jika kelak lima pemain itu memenuhi syarat dan bergabung, maka tim MU akan memiliki delapan pemain asal Negeri Samba. (SJ)

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024