Musim Depan, Piala Super Italia Gunakan Format Baru

Juventus juara Serie A 2018/2019
Sumber :
  • Instagram/@juventus

VIVA – Piala Super Italia kemungkinan besar akan menggunakan format baru pada musim depan. Format baru yang bakal dipakai Piala Super Italia serupa dengan yang diterapkan pada Piala Super Spanyol.

5 Fakta Menarik Usai Juventus Juara Coppa Italia, dari Vlahovic hingga Allegri

Piala Super Italia 2019 sendiri bakal digelar pada Senin 23 Desember 2019 dini hari WIB, di King Saud University Stadium, Riyadh, Arab Saudi. Duel tahun ini akan mempertemukan juara Serie A 2018/19, Juventus melawan kampiun Coppa Italia 2019/20, Lazio.

Sebelumnya, pada pengujung 2018 silam, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dan Arab Saudi mencapai kesepakatan untuk menggelar pertandingan Piala Super Italia di Arab Saudi selama lima tahun kedepan.

Klasemen Serie A: Juventus dan Bologna Pastikan Tiket ke Liga Champions

Edisi pertama di Arab Saudi, terjadi pada Piala Super Italia 2019 yang mempertemukan AC Milan menghadapi Juventus. Duel tersebut dimenangkan Bianconeri dengan skor 1-0 di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, pada 16 Januari 2019.

Menurut Corriere dello Sport, FIGC dan Arab Saudi diklaim sudah mencapai kesepakatan baru mengenai format Piala Super Italia untuk tiga edisi mendatang. Mereka akan menambah tim peserta dari dua menjadi empat tim.

Maarten Paes Gagalkan Penalti Eks Juventus, FC Dallas Tetap Kalah

Artinya, final akhir pekan besok menjadi yang terakhir menggunakan format dua tim, juara liga menghadapi juara Coppa Italia.

Rencana tersebut muncul setelah melihat format baru yang akan dipakai pada final Piala Super Spanyol 2019/20. Ajang itu akan mempertemukan dua finalis Copa del Rey serta dua tim teratas klasemen akhir LaLiga.

Piala Super Spanyol juga digelar di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, pada 8-12 Januari 2020. Di babak semifinal, juara Copa del Rey 2018/19, Valencia akan jumpa Real Madrid (peringkat 3 LaLiga 2018/19) serta Barcelona (juara LaLiga 2019/20 dan runner up Copa del Rey 2018/19) versus Atletico Madrid (runner up LaLiga 2018/19).

Perlu diketahui, Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dan Arab Saudi telah menyepakati harga 30 juta euro atau 10 juta euro per pertandingan untuk ajang tersebut.

Nilai tersebut lebih besar ketimbang kesepakatan antara FIGC dan Arab Saudi. Untuk Piala Super Italia, harga per pertandingannya hanya berkisar 7,5 jura euro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya