Perubahan Taktik Jadi Kunci Sukses Juventus Kalahkan Fiorentina

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo merayakan gol
Sumber :
  • twitter.com/juventusfcen

VIVA – Juventus menggilas Fiorentina dengan skor 3-0 dalam laga pekan ke-22 Serie A di Allianz Stadium, Minggu 2 Februari 2020 malam WIB. Pelatih Maurizio Sarri begitu puas dengan hasil pertandingan ini.

Klasemen Serie A: Juventus dan Bologna Pastikan Tiket ke Liga Champions

Sarri melakukan pergantian taktik bermain untuk melawan Fiorentina. Biasanya dia menduetkan Gonzalo Higuain dan Cristiano Ronaldo di lini depan, dengan sokongan Paulo Dybala dari tengah.

Namun, untuk menghadapi Fiorentina, Sarri memainkan tiga striker sekaligus. Dybala dia istirahatkan, kemudian memilih Douglas Costa menempati sisi sayap.

Arsenal Terbantu Buntunya Manchester United

"Ini adalah pertandingan yang sulit, karena Fiorentina tidak terkalahkan di Serie A pada 2020 ini," ujar Sarri, dikutip dari Football Italia.

Pertandingan Juventus vs FIorentina

One Pride MMA 78: Panco dan Tabok-tabokan Mencuri Perhatian di Tengah Serunya Pertandingan MMA!

"Saya menggunakan Costa karena saya tahu Fiorentina coba memblokir ruang di lini tengah, dan berharap Costa bisa membukanya sedikit," tuturnya.

Perubahan taktik ini berjalan sukses. Meski Costa tidak dalam kondisi terbaik, dia mampu membuka pertahanan Fiorentina dan menciptakan beberapa peluang.

Terkait dengan Dybala yang memulai pertandingan dari bangku cadangan, Sarri mengakui hal itu terpaksa dilakukan. Dia tak bisa menurunkan empat penyerang sekaligus, karena malah akan jadi sia-sia.

"Kami memiliki begitu banyak penyerang yang kuat dan tidak bisa menurunkan mereka sekaligus. Keseimbangan tim sangat penting. Jika kami melakukannya, itu akan jadi sia-sia dengan mengorbankan karakteristik positif pemain," kata Sarri.

Juventus unggul tiga gol tanpa balas dari Fiorentina berkat gol yang diciptakan Ronaldo pada menit 40 dan 80. Keduanya dicetak melalui titik putih. Selanjutnya, satu lagi disumbangkan oleh Matthijs de Ligt pada menit 90.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya