AC Milan Mau Dibeli Perusahaan Asal Bahrain

Pemain AC Milan merayakan kemenangan
Sumber :
  • twitter.com/acmilan

VIVA – Perusahaan yang berdomisili di Bahrain, Investcorp, telah mengadakan pembicaraan eksklusif untuk membeli AC Milan, pada Jumat 15 April 2022. Sumber mengatakan, negosiasi ini akan menjadi pengambilalihan pertama klub Italia oleh investor asal Arab.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Salah satu sumber yang dekat dengan pembicaraan tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa kesepakatan untuk membeli AC Milan dari pemilik saat ini Elliot Management Corporation hampir selesai.

Selebrasi pemain AC Milan usai bobol gawang Empoli

Photo :
  • Twitter: AC Milan
Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

Valuasi potensial untuk klub akan berada di angka 1 miliar euro termasuk utang, kata sumber tersebut.

Investcorp mengelola aset dengan lini bisnis termasuk ekuitas swasta, real estate, investasi pengembalian absolut, infrastruktur, manajemen kredit, dan modal strategis.

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Investcorp dan Elliot, yang mengambil alih AC Milan pada 2018, belum mau berkomentar terkait negosiasi ini.

Sementara itu, seorang juru bicara AC Milan hanya mengatakan bahwa tim yang memiliki 7 gelar Liga Champions itu tetap fokus pada peningkatan kinerja mereka di lapangan dan pengembangan klub.

Sumber kedua yang diberi arahan tentang masalah tersebut mengonfirmasi pembicaraan antara Elliot dan Investcorp kemungkinan mengenai penjualan.

AC Milan telah memenangkan 18 kali gelar Serie A, tapi tidak sejak 2011. Klub telah berjuang untuk menciptakan kembali kejayaan selama bertahun-tahun yang mereka nikmati di bawah kepemilikan Silvio Berlusconi dan grup Mediaset-nya.

Klub berjuluk Rossoneri itu meraih gelar Liga Champions pada 2003 dan 2007 usai Berlusconi berhasil mendatangkan nama-nama besar seperti Kaka dan Andriy Shevchenko.

Berlusconi kemudian menjual AC Milan kepada investor China Li Yonghong pada 2017 dengan nilai transaksi 740 juta euro, termasuk utang sebelum Elliot mengambil alih.

AC Milan saat ini berada di puncak klasemen Serie A, unggul 2 poin dari rival sekotanya Inter Milan. Namun, Milan telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.

Klub sendiri dilaporkan mengalami kerugian 96,4 juta euro untuk tahun keuangan yang berakhir pada 30 Juni 2022, lebih kecil dibandingkan dengan rekor kerugian 194,6 juta euro pada tahun sebelumnya.

Kepemilikan asing di klub-klub Serie A telah menjadi hal yang lumrah dalam belakangan ini, seperti Inter Milan yang dimiliki oleh perusahaan China, Sunning Holding Group dan AS Roma yang dimiliki perusahaan Amerika Serikat, The Friedkin Group.

Meskipun belum hadir di sepakbola Italia, investor dari negara Arab mengendalikan beberapa klub top Eropa, seperti Paris Saint-Germain yang dimiliki oleh Qatar Sports Investments dan Manchester City yang dipegang oleh Abu Dhabi United Group.

Investcorp Holdings sendiri berdomisili di Bahrain sebagai Perusahaan Kepemilikan Saham Bahrain, tapi delisting dari bursa Bahrain pada tahun lalu.

Perusahaan, yang ketua eksekutinya adalah Mohammaed Alardhi, memiliki kantor di New York, London, Swiss, Riyadh, Bahrain, Abu Dhabi, Doha, Mumbai, Beijing, dan Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya