Del Piero: Dulu Liga Italia Sarang Pemain Hebat, sekarang Membosankan

Legenda Juventus dan timnas Italia, Alessandro Del Piero
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA – Legenda Juventus, Alessandro Del Piero menilai Liga Italia atau Serie A sekarang ini tak sebaik beberapa dekade lalu. Kini, Serie A menurutnya bukan lagi kompetisi yang diinginkan pemain-pemain terbaik dunia.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Ya, Serie A sering kali dianggap sebagai salah satu liga sepakbola terbaik di dunia, dan mencapai puncaknya pada 1990-an sampai pertengahan 2000-an. 

Namun, seiring waktu berlalu, pamor Liga Italia mulai disaingi oleh Premier League atau Liga Inggris yang mulai didatangi pemain-pemain top dunia.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Sebaliknya, Serie dihuni pemain-pemain uzur ketimbang sosok yang masih dalam usia emas. Belum lagi ditambah dengan skandal Calciopoli yang melibatkan tim-tim besar seperti Juventus, AC Milan, dan Lazio. 

Kini, diakui Del Piero permainan di negaranya jauh lebih membosankan karena tidak banyak pemain-pemain bintang di dalamnya.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

"Statistiknya jelas. Sepak bola menjadi membosankan di Italia karena levelnya menurun dibandingkan masa lalu. "Para pemain terbaik pernah bermain di sini. Semua orang ingin berkompetisi di sini," kata Del Piero.

"Sekarang pemain terbaik pergi ke Premier League, LaLiga, atau bahkan Prancis atau Jerman. Tidak disini. Sepakbola tidak membosankan di Inggris," sambungnya.

Lebih lanjut, Del Piero juga menilai kualitas Serie A sedikit banyak mempengaruhi performa Timnas Italia, mengingat mayoritas penggawa Azzurri bermain di liga lokal ketimbang di luar negeri.

Timnas Italia belum mampu lolos ke Piala Dunia dalam edisi terakhir. Dahaga puasa gelar La Nazionale baru berakhir ketika berhasil memenangkan titel Piala Eropa 2020.

"Ada faktor lain juga. Teknologi misalnya. Ponsel dan video game memberikan tingkat kepuasan yang tidak pernah saya ketahui di masa kecil saya," jelasnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya