Juve Bangun Museum Mengenang Tragedi Heysel

Suporter Juventus Berbuat Anarkis
Sumber :
  • google.com

VIVAnews - Meski telah 26 tahun berlalu, tragedi Heysel yang menelan puluhan korban jiwa tidak dapat terhapus dari ingatan klub asal Italia, Juventus. Dilansir dari situs resmi Juve, Bianconeri menyatakan akan memberikan penghormatan kepada para korban yang tewas dalam insiden tersebut di Stadion mereka yang baru.

Heru Budi Bakal Tertibkan Juru Parkir Liar di Minimarket

Memang, Final Piala Eropa antara Juventus dan Liverpool pada tanggal 29 Mei 1985 merupakan peristiwa terburuk dalam sejarah sepakbola Juventus. Kala itu, pendukung Liverpool merobohkan dinding di dalam Stadion Heysel, Brussels, sebelum pertandingan dimulai. Tindak kekerasan dan kekacauan tersebut menyebabkan 39 orang tewas dan lebih dari 600 suporter mengalami cedera.

Meski pada akhirnya Juventus memenangkan pertandingan dan meraih Piala Champions pertamanya, hari tersebut dikenang menjadi hari terkelam dalam sejarah klub. Oleh karenanya, untuk mengenang tragedi memilukan ini, Juventus berencana membangun museum yang akan ditempatkan di salah satu ruangan di stadion baru mereka.

Di area museum yang terletak di tribun timur stadion ini, akan dihiasi dengan 39 bintang kecil yang menandakan jumlah korban yang tewas. Rencananya, Museum Juventus mulai dibuka pada musim semi 2012. Keluarga para korban akan diberikan fasilitas masuk gratis ke dalam museum tersebut.

RUPST Antam Sepakat Rombak Jajaran Direksi, Ini Susunan Terbarunya
Romi Hariyanto Baju Biru Mengembalikan Formulir ke DPW Partai Gerindra Jambi Sebagai Calon Gubernur Jambi 2024-2029

Romi Hariyanto Daftar Cagub Jambi ke Gerindra, Tak Ciut Nyali Lawan Petahana

Ketua DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Romi Hariyanto mantap maju sebagai cagub Jambi di Pilgub Jambi 2024

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024