Penalti Indah Messi Dapat Penilaian dari Empunya 'Panenka'

Penyerang Barcelona, Lionel Messi menendang penalti ala Panenka
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Penyerang Barcelona, Lionel Messi, melakukan hal tak biasa pada pertandingan La Liga antara timnya dan Getafe, akhir pekan lalu. Dia menendang penalti dengan cara men-
chip
Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi
bola, atau selama ini dikenal dengan penalti "Panenka".

4 Skema Barcelona Juara LaLiga
Aksi Messi tersebut kemudian mendapat komentar dari sang empunya teknik tersebut, mantan pesepakbola asal Republik Cek, Antonin Panenka. Menurut dia, penalti Messi tersebut paling mirip dengan tendangan legendarisnya pada Euro 1976.

"Eksekusinya terbaik dari (penalti-penalti 'Panenka') lain yang pernah saya lihat. Tak terlalu kencang, ke tengah, dan ketinggiannya juga bagus," tutur Panenka kepada RAC1, sebagaimana dikutip dari Sky Sports, Jumat 1 Mei 2015.

"Secara teknik, gol itu impresif. Itu adalah lanjutan demonstrasi dari kualitas (Messi)," kata mantan pemain yang lahir di Praha, 66 tahun silam tersebut.

Sebelum Messi, sudah banyak pemain yang juga menendang penalti ala Panenka. Di antaranya adalah Zinedine Zidane saat membela Timnas Prancis pada final Piala Dunia 2006. Ada pula gelandang Timnas Italia, Andrea Pirlo pada perempatfinal Euro 2012. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya