Bola Mati, dari Kelemahan Jadi Senjata Rahasia Barcelona

Bek Barcelona, Gerard Pique, dan Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • REUTERS/Paul Hanna
VIVA.co.id
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
- Satu kekurangan Barcelona dalam beberapa tahun terakhir adalah terkait situasi bola mati (set piece). Namun musim ini, kelemahan itu telah berubah dan menjadi kunci sukses mereka menjuarai La Liga musim ini.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Dilansir Marca, Senin 18 Mei 2015, sosok yang paling berjasa atas perubahan besar ini adalah Juan Carlos Unzue. Staf pelatih di Barcelona tersebut yang terus mengasah kemampuan para pemain Barca dalam situasi bola mati.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


Mengacu pada statistik yang ada, upaya Unzue memperbaiki kekurangan itu membuahkan hasil. Dari total 108 gol yang diciptakan Barca musim ini, 15 di antaranya tercipta melalui situasi bola mati (3 lewat tendangan bebas). 


Tidak hanya berhasil memaksimalkan situasi bola mati, Barcelona musim ini juga mampu mengantisipasi ancaman yang dilancarkan lawan dalam situasi seperti ini. Mereka lebih terorganisir dalam bertahan.


Pemain seperti Luis Suarez, Jeremy Mathieu dan Ivan Rakitic menambah intensitas pertahanan Barcelona. Terbukti, sejauh ini, skuad asuhan Luis Enrique ini baru dua kali kebobolan lewat situasi bola mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya