Eks Gelandang Barca Kaget dengan Perubahan Filosofi Mourinho

Sumber :
  • Reuters / Eddie Keogh
VIVA.co.id -
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi
Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez, mengaku kaget dengan gaya permainan yang diterapkan oleh Jose Mourinho. Menurutnya, pelatih Chelsea tersebut dulu tak seperti itu.

Barcelona Banting Harga Coutinho, Rela Rugi

Xavi mengungkapkan bila pelatih asal Potugal tersebut sangat paham akan filosofi Barcelona yang identik dengan permainan cantik. Namun, kini pemain yang bermain untul Al Sadd tersebut terkejut akan gaya permainan Mourinho.
4 Skema Barcelona Juara LaLiga


Di mana, pelatih asal Portugal tersebut lebih sering bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik. Itu juga yang membuat Mourinho mendapat banyak kritikan dan dinilai permainan timnya cukup membosankan.


"Mourinho adalah seorang asisten pelatih, seseorang yang memahami filosofi Barcelona, dan memiliki banyak kesamaan karakteristik dengan Van Gaal. Dia juga sangat dihormati oleh para pemain," kata Xavi, seperti dilansir ESPN.


"Terkadang ia juga sempat melatih kami sendirian di Barcelona B dan melakukannya dengan sangat baik. Saya sempat terkejut ia bisa menjadi pelatih terkenal berkat filosofi lain dari permainan sepakbola, lebih defensif. Sebab, dia tidak seperti itu saat dengan kami," sambungnya.


Mourinho memang pernah memiliki hubungan dengan Barcelona, sejak 1996 dia menjadi penerjemah pelatih Sir Bobby Robson.  Satu musim kemudian, ia juga kembali menjadi asisten Louis Van Gaal di Barcelona sebelum menjadi pelatih pada 2000 bersama Benfica.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya