Menengok Kiprah Barcelona di 3 Final Piala Dunia Klub

Barcelona saat menjuarai Piala Dunia Klub 2011.
Sumber :
  • www.zimbio.com
<
Ini Laga Persahabatan Paling Brutal di 2016
p>
Barcelona Berbohong Soal Status Klub Tersukses di Dunia?

VIVA.co.id - Barcelona akan menghadapi juara Copa Libertadores, River Plate, di final Piala Dunia Klub, Minggu 12 September 2015. Duel jagoan Spanyol kontra Argentina ini akan berlangsung di International Stadium Yokohama.

Barca memburu sejarah sebagai tim pertama yang mengoleksi 3 gelar Piala Dunia Klub. Sementara ini, mereka sejajar dengan klub Brasil, Corinthians, yang mengoleksi 2 trofi.

Ini merupakan final keempat Barca di Piala Dunia Klub. Sebelumnya, raksasa Catalan ini tampil di partai puncak pada 2006, 2009, dan 2011.

Bagaimana hasilnya? Berikut VIVAbola mengupasnya satu per satu:

3. Final Piala Dunia Klub 2006: Internacional 1-0 Barcelona
Final Piala Dunia Klub pertama berakhir pahit untuk Barca. Barca yang dilatih Frank Rijkaard takluk 0-1 dari wakil Brasil, Internacional, di International Stadium Yokohama, Jepang, 17 Desember 2015.

Internacional saat itu diperkuat Alexandre Pato dan Luiz Adriano. Sedangkan Barca mengandalkan Ronaldinho, Deco, Eidur Gudjohnsen, dan Andres Iniesta. Internacional yang dilatih Abel Braga menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Adriano Gabiru di menit 82.

Meskipun demikian, Barca meraih gelar hiburan dengan terpilihnya Deco sebagai Pemain Terbaik dan meraih Bola Emas. Sedangkan Ronaldinho meraih Bola Perunggu sebagai pemain terbaik ketiga. Blaugrana juga berhak atas gelar Fair Play.

VIDEO: Barcelona Juara Dunia, Berhak Pakai Badge FIFA




2. Final Piala Dunia Klub 2009: Barcelona 2-1 Estudiantes
Tiga tahun kemudian, Barca kembali tampil di final. Kali ini, di bawah kepelatihan Pep Guardiola, raksasa Catalan ini menghadapi tim Argentina, Estudiantes. Barca menang 2-1 di Zayed Sports City, Abu Dhabi, 19 Desember 2009.

Tandukan Mauro Boselli membawa Estudiantes unggul lebih dulu di menit 37. Gol Pedro Rodriguez di menit 89 memaksa pertandingan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Dan akhirnya, Lionel Messi tampil sebagai pahlawan. La Pulga mencetak gol dengan dada di menit 110 dan membawa Blaugrana menang 2-1.

Sukses ini bertambah manis dengan terpilihnya Messi sebagai Pemain Terbaik dan meraih Bola Emas. Sedangkan Xavi Hernandez meraih Bola Perunggu.

Keberhasilan menjuarai Piala Dunia Klub membuat 2009 begitu sempurna bagi Barca. Blaugrana meraih 6 trofi sepanjang tahun tersebut. Sebelumnya, mereka merebut gelar Copa del Rey, La Liga, Liga Champions, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa.

1. Final Piala Dunia Klub 2011: Barcelona 4-0 Santos
Ini menjadi final terakhir Barca, sebelum kembali tampil di final tahun ini. Laga di International Stadium Yokohama ini dilabeli sebagai duel Neymar vs Messi. Neymar saat itu masih membela Santos.

Hasilnya, Barca terbukti unggul mutlak atas Santos. Mereka sukses menang telak 4-0 berkat dua gol Lionel Messi di menit 17 dan 82, ditambah gol dari Xavi Hernandez (24') dan Cesc Fabregas (45').

Messi lagi-lagi menyabet Bola Emas, sedangkan Xavi meraih Bola Perak sebagai pemain terbaik kedua. Barca juga dinobatkan sebagai tim Fair Play.

Santos Merasa Dicurangi Neymar

Dalih ayah Neymar putranya tak terlibat, terpatahkan Regulasi Pele

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2016