Kecerdasan Pemain Barcelona Ringankan Kerja Pelatih

Para pemain Barcelona merayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id - Manajer Southampton, Ronald Koeman, menilai kecerdasan para pemain Barcelona amat memudahkan rekan-rekan seprofesinya dalam melatih. Sebab, Lionel Messi dan kawan-kawan sudah tahu apa yang mesti diperbuat ketika di atas lapangan.

"Mereka tahu persis apa yang harus dilakukan. Anda tidak perlu benar-benar mengajarkan mereka lebih banyak," tutur Koeman seperti dilansir Marca.

(Baca juga: Diterpa Kritik, Bek Barcelona Optimis Tetap Dibutuhkan Tim)

Menurut Koeman, menjadi pelatih klub asal Catalan itu dibutuhkan kepemimpinan yang kuat. Dia menilai di situlah kelebihan Luis Enrique, sehingga bisa menyatukan pemain dan saling menghormati satu sama lain.

Lebih jauh, pria asal Belanda yang semasa aktif bermain membela Barcelona itu membeberkan rahasia lamanya. Dia mengaku pernah dirayu untuk menangani Barcelona pada 2003 silam.

Sayangnya, Ajax Amstredam, klub Koeman ketika itu, tidak bersepakat dengan Barcelona dalam tahap negosiasi. Hingga akhirnya kemudian mereka beralih menggaet Frank Rijkaard.

(Baca juga: Barcelona Depan Pemain Bintang karena Tisu Toilet)

"Memang benar bahwa (Joan) Laporta coba membawa saya masuk pada 2003, tetapi mereka tidak bisa mendapatkan kesepakatan dengan Ajax. Akhirnya, mereka merekrut (Frank) Rijkaard," bebernya. (one)

Dua Raksasa Eropa Mesti Waspada di Leg Kedua
Proses gol Southampton ke gawang Inter Milan

Kalah, Caretaker Inter Milan Masih Berharap pada 2 Laga Sisa

Southampton mengalahkan Inter 2-1.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016