Ini Pembagian Pot Undian Fase Grup Liga Champions

Trofi Liga Champions di San Siro.
Sumber :
  • Reuters / Pawel Kopczynski

VIVA.co.id – Babak playoff Liga Champions 2016-2017 sudah selesai digelar, dan 10  tim berhasil melaju ke fase grup. Tim-tim tersebut akan bergabung dengan 22 tim yang sudah lebih dulu memastikan tempat di fase grup.

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions

UEFA akan membagi 32 tim tersebut ke dalam 4 pot, di mana pot 1 berisikan tim-tim unggulan yang lolos sebagai juara liga pada 7 negara berperingkat terbaik di tabel koefisien UEFA. Serta, Real Madrid yang merupakan juara bertahan Liga Champions.

Tim-tim yang meraih gelar domestik, adalah  Barcelona (Spanyol), Leicester City (Inggris), Bayern Muenchen (Jerman), Juventus (Italia), Benfica (Portugal), Paris Saint-Germain (Prancis), dan CSKA Moskva (Rusia).

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Sedangkan 3 pot lainnya akan  ditentukan berdasarkan peringkat koefisien masing-masing klub dalam tabel per akhir musim lalu. Juara Europa League, Sevilla masuk pot 2 bersama Manchester City dan FC Porto yang menang di babak playoff.

Pengundian fase grup akan dilakukan di Monako pada Kamis 25 Agustus 2016 malam WIB. Dalam acara nanti akan disertai seremoni penganugerahan Pemain Terbaik Eropa 2015-2016, yang nominasinya adalah Cristiano Ronaldo, Gareth Bale dan Antoine Griezmann.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Berikut Pembagian Pot Undian Fase Grup:
Pot 1: Real Madrid (Spanyol, juara bertahan), FC Barcelona (Spanyol), Leicester City (Inggris), Bayern Muenchen (Jerman), Juventus (Italia), Benfica (Portugal), Paris Saint-Germain (Prancis), CSKA Moskva (Rusia)

Pot 2: Atletico Madrid (Spanyol), Borussia Dortmund (Jerman), Arsenal (Inggris), Manchester City (Inggris), Sevilla (Spanyol), Porto (Portugal), Napoli (Italia), Bayer Leverkusen (Jerman)

Pot 3: Basel (Swiss), Tottenham Hotspur (Inggris), Dynamo Kyiv (Ukraina), Lyon (Prancis), PSV Eindhoven (Belanda), Sporting CP (Portugal), Club Brugge (Belgia), Moenchengladbach (Jerman)

Pot 4: Celtic (Skotlandia), AS Monaco (Prancis), Besiktas (Turki), Legia Warszawa (Polandia), Dinamo Zagreb (Kroasia), Ludogorets Razgrad (Bulgaria), Kobenhavn (Denmark), FC Rostov (Rusia)

Ada pula beberapa ketentuan dalam undian fase grup ini:
`1. Tim yang berasal dari satu negara tidak akan tergabung dalam grup yang sama.
 2.  Berdasarkan keputusan Komite Eksekutif UEFA, klub asal Ukraina dan Rusia tak akan bertemu dalam satu grup karena alasan politik.
 3. Hasil undian ini juga berlaku untuk penyusunan grup di ajang UEFA Youth League 2016-2017 atau turnamen sekelas Liga Champions level junior.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya