Deretan Pemain Terbersih Sepanjang Sejarah, Tak Pernah Diusir Wasit

Xavi Hernandez dan Raul Gonzalez
Sumber :
  • La Nueva Espana

VIVA – Status legenda tak cuma soal pencapaian trofi atau penghargaan individu yang didapat oleh para pemain sepakbola. Namun, sikap di atas lapangan juga menunjukkan betapa layaknya status legenda disematkan kepada mereka.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Kartu merah jadi bagian yang lekat dengan mayoritas pesepakbola profesional di dunia. Bahkan, pemain sekelas Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi pun pernah merasakan pahitnya diusir wasit.

Hanya saja, ternyata ada segelintir pemain yang tak pernah merasakan diusir wasit sepanjang karier profesionalnya.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Beberapa di antara mereka bahkan berstatus pemain bertahan. Luar biasa bukan?

Berikut ini kami tampilkan empat pemain legendaris yang tak pernah diusir wasit, salah satunya bahkan "musuhan" dengan kartu kuning, seperti dilansir Sportskeeda.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

1. Raul Gonzalez

Raul Gonzalez saat berkostum Real Madrid.

Pangeran Santiago Bernabeu memang menjadi salah satu striker legendaris Real Madrid. Raul tak hanya dikenal buas di lini depan.

Namun, Raul dikenal pula dengan sikapnya yang santun dan disiplin di atas lapangan. Dalam beberapa momen, Raul memang bisa meledak.

Hanya saja, dia selalu mampu mengendalikan diri, hingga tak ada satu pun kartu merah yang dikeluarkan untuknya.

2. Ryan Giggs

Ryan Giggs dan Paul Scholes

Manchester United begitu beruntung memiliki Giggs. Dia menjadi teladan bagi semua pemain di MU karena sikap dan konsistensi permainannya.

Emosi Giggs tak pernah meninggi. Fakta menarik, karena dia berlaga di kompetisi sekeras Premier League selama 24 tahun dan melakoni 672 pertandingan.

Kartu kuning memang pernah diterima Giggs. Tapi, dia sama sekali tak pernah diusir wasit.

3. Philipp Lahm

Kapten Bayern Munich, Philipp Lahm

Nama yang satu ini begitu mencengangkan. Sebab, Lahm merupakan pemain dengan posisi full-back.

Bagi seorang bek, sulit sekali tak mendapatkan kartu dalam setiap pertandingan. Kartu kuning dan merah jadi begitu akrab bagi seorang bek, karena mereka harus menggunakan berbagai cara demi meredam permainan lawan.

Menariknya, selama lebih dari 11 tahun main di posisi bek sayap, Lahm tak pernah diusir wasit. Catatan luar biasa bagi legenda Bayern Munich yang satu ini.

4. Gary Lineker

Gary Lineker berkostum Inggris

Inilah pemain tersantun di atas lapangan sepanjang sejarah. Lineker bermain di era 1970 hingga 1980-an. Kala itu, permainan masih begitu kasar dan keras. Peraturan untuk melindungi pemain masih begitu longgar.

Praktis, apa pun caranya, termasuk dengan filosofi "Bola lewat, orang jangan", jadi hal yang halal. Berposisi sebagai striker, Lineker tentu sering jadi target tebasan lawan.

Hebatnya, dia mampu mengontrol emosi. Hingga, sepanjang 466 pertandingan yang dilakoni, Lineker tak pernah mengantongi satu pun kartu kuning atau merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya