Liga 1 Tak Jelas Nasibnya, Bintang Persib Jualan Roti

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dede Idrus

VIVA – Lesunya bisnis kuliner di masa pandemi virus corona COVID-19 tak membuat ciut nyali gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, mengadu peruntungan. Kim malah berani melebarkan sayap dalam bisnisnya, dengan membuka usaha kuliner di kawasan Sulanjana, Bandung.

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Usaha kuliner Kim, rencananya dibuka pada akhir Oktober 2020 mendatang. Dan terlihat, Kim tak takut berspekulasi meski usaha kuliner sedang lesu di tengah pandemi virus corona.

"Dari dulu tertarik dengan bisnis kuliner. Siapa tak suka makan? Ini bisnis yang masuk akal," kata Kim.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Bisnis kuliner yang akan digeluti Kim akan berkutat pada bakery dan makanan berat. Khusus untuk makanan berat, Kim akan mengambil spesialisasi pada masakan Manado.

"Untuk bakery, karena saya asli Jerman dan ingin mengembangkan roti asal sana. Lalu, Manado karena istri saya. Kami mau masakan Manado jadi perpaduan luar negeri dan Indonesia," jelas Kim.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Salah satu alasan Kim berani membuka usaha di masa pandemi virus corona, adalah industri sepakbola yang sedang tiarap. Kim sadar, penghasilannya dari sepakbola tak cukup.

Terlebih, sampai sekarang kompetisi Liga 1 belum jelas nasibnya dan tentu mengancam ekonomi para pemain.

"Kalau diam di tempat, tak akan maju. Mau sampai kapan? Kami tetap harus hidup. Kuliner, meski tak sebanyak saat sebelum COVID-19, menurut saya karena kebetulan sudah dapat tempat. Jadi, lebih baik sekarang," jelas adik ipar Irfan Bachdim tersebut.

Sebenarnya, Kim sudah tak asing dengan dunia bisnis. Sudah ada dua usaha rintisannya yang sukses dan eksis hingga sekarang, barbershop serta clothing brand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya