7 Fakta Menarik Usai Arsenal Gulung Wakil Swiss di UCL

Pemain Arsenal
Sumber :
  • Action Images via Reuters / Andrew Couldridge

VIVA.co.id – Arsenal berhasil mengandaskan perlawanan wakil Swiss di Liga Champions, Basel, dengan skor telak, 4-1. Kemenangan di matchday terakhir ini membuat Arsenal berhasil keluar sebagai juara grup untuk pertama kalinya sejak 2011/2012.

Arsenal Masih Belum Sempurna Meski Menang di Markas Tottenham

Keberhasilan The Gunners menjadi juara grup juga tak lepas dari kegagalan Paris Saint-Germain meraih kemenangan di laga terakhirnya. Bertemu tim lemah, Ludogorets, Les Parisiens hanya bermain imbang 2-2.

Arsenal tentunya harus berterima kasih kepada striker asal Spanyol, Lucas Perez, yang berhasil tampil baik pada laga ini. Dia mencatatkan hattrick perdananya di kompetisi tertinggi di Eropa untuk membantu Arsenal meraih tiga poin.

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham

Selain itu, tim besutan Arsene Wenger ini sukses mematahkan kutukan klub Inggris di markas Basel. Sebelumnya, Basel selalu menang ketika menjamu wakil Inggris di St. Jakob Park.

Masih ada beberapa fakta menarik lainnya yang tercipta usai kemenangan Arsenal atas Basel. Berikut fakta-fakta menarik yang tercipta, seperti dikutip Opta:

Bocah Super Arsenal Tak Cuma Andalkan Bakat

1. Arsenal berhasil mencatatkan rekor tak terkalahkan di fase grup. Terakhir kali The Gunners melakukan hal yang sama pada musim 2005/2006.

2. Lucas Perez menjadi pemain keenam dari Arsenal yang sukses mencetak hattrick. Sebelumnya terdapat Thierry Henry, Nicklas Bendtner, Danny Welbeck, Olivier giroud, dan Mesut Oezil.

3. Lucas Perez juga menjadi pemain Spanyol pertama yang berhasil mencetak hattrick di penampilan perdana sebagai starter di Liga Champions.

4. Sejauh ini, Oezil telah mencetak 23 assists sejak debutnya di Liga Champions. Hanya Lionel Messi (24) dan Cristiano Ronaldo (26) yang mencatatkan assists lebih banyak.

5. Untuk pertama kalinya sejak musim 2011/2012, Arsenal berhasil keluar sebagai juara grup.

6. Sebanyak 33 operan dilakukan Arsenal sebelum gol kedua Perez. Itu adalah jumlah operan terbanyak sebelum terjadi gol di Liga Champions musim ini.

7. Arsenal berhasil pecahkan kutukan klub Inggris di kandang Basel. Sebelumnya, Manchester United, Chelsea, dan Liverpool tak mampu mengalahkan Basel di kandangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya