Heboh Program Prime, Indosat Ingin Transparan

Deva Rachman, Group Head Communications Indosat Ooredoo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA – Indosat Ooredoo menjelaskan keluhan pelanggan yang tidak mau dimasukkan dalam program skema tarif baru bernama IM3 Ooredoo Prime. Keluhan pelanggan ini beberapa hari lalu ramai di media sosial dan pelanggan merasa pulsa mereka terpotong dalam program tersebut. 

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Padahal program tersebut, menurut Indosat, menawarkan beberapa benefit yang bisa dimanfaatkan pelanggan setia mereka. 

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman mengakui program baru itu memang kurang intensif disosialisasikan ke pelanggan, sehingga mereka salah persepsi program tersebut dianggap memotong pulsa. 

Akankah Terjadi Merger Lagi antar Operator Seluler di Indonesia?

"Kami sudah massif jalani sosialisasi. Memang ada pemahaman bahwa program baru itu seperti konten, padahal itu kan skema tarif baru," jelasnya kepada VIVA, Rabu 28 Maret 2018. 

Deva menjelaskan, beberapa manfaat program IM3 Ooredoo Prime yaitu gratis nelpon ke sesama IM3 Ooredoo, bebas nelpon ke call center Indosat Ooredoo di 185, jaminan penggantian kartu hilang IM3 Ooredoo tanpa biaya. Benefit lainnya yaitu kesempatan mendapatkan gratis voucher online shop setiap hari Rabu, gratis akses aplikasi populer melalui myIM3 dan keuntungan lainnya.

Dua Komisaris Indosat Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Gara-gara banyaknya keluhan pelanggan ini, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sampai memanggil Indosat, pada Selasa 27 Maret 2018. 

Hasil rapat, BRTI meminta Indosat untuk terus intensif menjelaskan ke pelanggan mengenai program baru tersebut. 

"Kami gembira bahwa BRTI menerima penjelasan kami dan kami akan melaksanakan rekomendasi BRTI untuk terus melakukan sosialisasi manfaat dari Prime," jelasnya.

Selama dua pekan program Prime berjalan, Indosat mengatakan banyak pelanggan yang memanfaatkan benefitnya. Deva menuturkan, selama kurun dua pekan lebih dari 1 juta menit panggilan gratis pada hari Minggu telah dinikmati pelanggan, lebih dari 100 ribu panggilan gratis ke call center telah dilakukan pelanggan dan lebih dari 10 ribu penggantian kartu SIM gratis dilakukan pelanggan.  

Namun demikian, dia mengatakan, Indosat terbuka dengan berbagai keluhan program tersebut. Bagi pelanggan sudah masuk program Prime dan kemudian enggan meneruskannya, Deva menuturkan, Indosat akan mengembalikan pulsa yang terpotong untuk program tersebut. 

"Kami ingin semua transparan. Tidak tiba-tiba pelanggan terima (program). Kami juga menyadari bahwa pelaksanaan hal ini seharusnya dapat dilakukan lebih baik," ujarnya. 

Mengingat beberapa pelanggan mengeluh dengan program tersebut, Indosat saat ini menyediakan cara yang mudah bagi pelanggan yang ingin migasi ke Non-Prime, dengan
menelpon ke call center 185 secara gratis, menghubungi layanan digital pelanggan @IndosatCare atau datang ke gerai Indosat Ooredoo terdekat.

"Indosat Ooredoo berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan untuk dapat menikmati akses digital dengan baik. Kami akan senantiasa mendengarkan suara pelanggan kami untuk terus memperbaiki layanan kami," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya