Filipina Ikuti Jejak Indonesia Punya Badan Antariksa Sendiri

Tim luar angkasa Filipina.
Sumber :
  • mashable

VIVA – Filipina akhirnya punya badan antariksa sendiri. Peraturan soal Phillipine Space Agency atau PhilSA belakangan disetujui oleh DPR mereka. Dengan kepemilikan tersebut, Filipina tercatat menjadi negara keenam di Asia Tenggara yang memiliki badan antariksa sendiri. 

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Filipina mengikuti jejak negara tetangganya yang sudah ke luar angkasa lebih dahulu, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam. Demikian seperti dilansir Mashable, Minggu 9 Desember 2018.

PhilSA sedianya mengatur mengenai ilmu pengetahuan luar angkasa, engineering, dan prinsip ilmiah. Badan tersebut juga bakal menjadi bagian Pemerintah Filipina terkait isu ilmu pengetahuan dan teknologi luar angkasa. 

Lebih Rendah dari Vietnam dan Filipina, Ekonomi Indonesia Diramal IMF Tumbuh Cuma 5 Persen

Sebelum terbentuknya PhilSA, Filipina melakukan kolaborasi dengan Jepang soal urusan luar angkasa. Kedua negara ini tercatat pernah merilis mikrosatelit Diwata 2. Mikrosatelit ini dirilis untuk memotret pencitraan bumi dan melakukan penilaian lingkungan. Serta juga memantau kerusakan akibat dari bencana.

Ke depan, PhilSA nantinya bakal turut ditangani oleh Badan Penanggulangan dan Manajemen Risiko Bencana Nasional, Administrasi Pelayanan Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina, serta Badan Pemetaan Nasional dan Sumber Daya Informasi.

Jelang Lebaran, VKTR dan Gapura Angkasa Luncurkan Bus Listrik Ramah Lingkungan di Bandara Soetta
Astronot Buzz Aldrin ketika mendarat di Bulan.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Studi mengungkapkan adanya bakteri yang telah mengalami mutasi di International Space Station (ISS). Bakteri yang telah bermutasi ini menghadirkan ancaman potensial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024