Penampakan Toilet Termahal di Dunia, Harganya Rp300 Miliar

Toilet astronot seharga Rp300 miliar
Sumber :
  • Space.com

VIVA – NASA akan meluncurkan sebuah toilet ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS, pekan depan. Harga perangkat itu tak main-main, yakni senilai Rp300 miliaran.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Toilet itu disebut Universal Waste Management System (UWMS), memiliki ukuran tinggi 71 sentimeter. Manajer proyek Exploration Systems Logistics Reduction NASA, Melissa McKinley, mengatakan ukurannya seperti toilet kompak yang digunakan untuk berkemah.

UWMS memiliki harga US$23 juta atau berkisar Rp343,5 miliar. Mengutip Space, Minggu, 27 September 2020, perangkat tersebut dikatakan 65 persen lebih kecil dan 40 persen lebih ringan dari yang digunakan di ISS selama ini.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Saat nanti tiba di ISS, toilet ruang angkasa itu akan diuji coba oleh para astronot untuk bekerja di lingkungan gravitasi mikro. Sistem baru akan diletakkan dengan pendahulunya di Node 3. Toilet itu akan diluncurkan pada 29 September 2020 mendatang, menumpang kapsul kargo Northrop Grumman.

Baca juga: Cara Mengatur WiFi Agar Anak Tidak Kecanduan Internet

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Pengiriman ini merupakan bagian dari misi suplai rutin yang dilakukan NASA. Astronot Chris Cassidy dan Ivan Vagner dari Expedition 63 akan mempersiapkan pengiriman toilet antariksa itu. Pada kru menggunakan lengan robot Candarm 2 untuk menangkap pesawat Cygnus.

"Toilet didesain untuk eksplorasi, dan dibangun di atas toilet luar angkasa sebelumnya," ungkap McKinley.

Dia memambahkan, aktivitas eksplorasi ini untuk mencari cara pengoptimalan volume massa dan penggunaan daya. Ini semua merupakan komponen penting dari desain pesawat ruang angkasa.

Desain toilet antariksa termasuk corong untuk urine dan tempat duduk agar memudahkan para kru wanita. McKinley menambahkan benda itu juga dilengkapi kipas pemisah ganda. Kipas itu dikembangkan oleh Collins Aerospace untuk menciptakan aliran udara, sebagai ganti gravitasi agar bisa menarik urine dan limbah ke toilet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya