Terancam Tewas, Kosmonot Rusia Diselamatkan Astronot AS

International Space Station
Sumber :
  • techshout.com

VIVA – Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS menghadapi masalah serius. Yakni, pasokan oksigen tidak dapat berfungsi dengan baik.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Melansir laman BGR, Jumat 16 Oktober 2020, masalah ini diketahui oleh kelompok Roscosmos baru dari Rusia. Mereka menemukan, jika pasokan Oksigen dari modul Zvevda ridak berfungsi dengan baik pada Rabu malam lalu.

Permasalahan ini hadir saat pesawat asal Rusia, Soyuz baru mendarat di ISS untuk mengantarkan tiga peneliti baru. Namun nampaknya, masalah ini tidak terlalu membahayakan kru setempat. Sebab, masih ada sistem pasokan oksigen terpisah yang terletak di stasiun milik Amerika Serikat, yakni pada laboratorium yang mengorbit.

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Menurut laporan, perbaikan sistem akan dilakukan pada Kamis kemarin. Dari pernyataan Roscosmos, nampaknya memang tim tersebut tak terlalu khawatir.

Baca juga: Twitter Sempat Tumbang, Klaim Bukan Diretas

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Sebelumnya, ISS juga pernah bermasalah yakni adanya kebocoran di stasiun itu. Kru antariksa Amerika dan Rusia selama beberapa waktu terus mencari letak kebocoran itu.

Kebocoran itu ditemukan pada sekitar bulan Agustus. Namun pihak Rusia menyatakan jika tidak ada ancaman bagi kehidupan serta kesehatan kru.

Letak kebocoran nya juga sama, yakni di modul Zvevda. Kru ISS mengetahuinya menggunakan kantong teh yang melayang menuju lokasi tersebut.

"Kami percaya telah mengidentifikasi masalah kebocoran. Kami mendistribusikan kantong teh (di dalam modul Zvevda) sebelum menutup ruangannya," ujar Kosmonot, Anatoly, dikutip laman TASS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya