Robot dari 53 Perguruan Tinggi se-Indonesia Bertarung di Yogyakarta

Robot rayap yang bisa membangun menara atau piramida
Sumber :
  • bbc.co.uk
Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial
VIVAnews
- Sebanyak 103 tim robot dari 53 perguruan tinggi di Indonesia akan berlomba dalam kontes robot indonesia (KRI) ke 14 tahun 2014 yang akan berlangsung pada tanggal 24 Juni hingga 27 Juni 2014 di gedung olah raga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang


Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rohmad Wahab mengatakan KRI merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh DIKTI-Kemendikbud sebagai salah satu ajang bergengsi untuk menunjukkan prestasi mahasiswa dalam bidang robotika.

"Setiap tim nantinya beranggotan 4 hingga 5 mahasiswa dan dosen pembimbing," katanya di Kampus UNY, Senin 23 Juni 2014.


Penentuan peserta melewati beberapa tahapan seleksi mulai dari proposal, seleksi video pembuatan robot dan seleksi kontes tingkat regional.


"Pemenang kontes robot ini akan mewakili Indonesia di kontes robot tingkat dunia yaitu KRAI India, KRPAI di Amerika dan KRSBI di Bangkok," katanya.


Lebih lanjut Rohmad menyatakan KRI ini terdiri atas 4 divisi yaitu kontes robot ABU Robocon Indonesia (KRAI), kontes robot pemadam api Indonesia (KRPAI), kontes robot sepakbola Indonesia (KSBI) dan kontes robot seni Indonesia (KRSI).


"Kontes robot ini dikemas sebagai edutaiment sehingga bisa disaksikan secara terbuka oleh mahasiswa, siswa sekolah, maupun masyarakat umum khususnya untuk acara kontes robot," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya