Tujuh Satelit Indonesia di Antariksa Segera Pensiun

Ilustrasi peluncuran satelit ke luar angkasa.
Ilustrasi peluncuran satelit ke luar angkasa.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Pemerintah mengantisipasi masa habisnya sejumlah satelit yang dimiliki Indonesia pada 2020. Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, menegaskan ada tujuh satelit yang akan habis 'masa baktinya' dalam dua tahun mendatang.

"Kita bicarakan bagaimana menjaga kepentingan kita untuk Internet supaya lebih tersedia dan (menjangkau) semua. Itu (tujuh satelit) memang orbit (yang digunakan) Indonesia," kata Rini di Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, menyampaikan bahwa penataan kembali satelit wajib dilakukan mengingat berkembangnya lingkungan, teknologi, hingga kepentingan penggunaannya.

Mantan Panglima ABRI tersebut juga mengatakan penggunaan satelit itu sendiri saat ini sudah menjadi hal yang tidak terelakkan oleh pemerintah.

Sebab, perkembangan zaman juga menuntut komunikasi cepat serta manfaat-manfaat lain yang hanya mungkin ada berkat teknologi satelit.

"Harus ada terobosan-terobosan baru (dalam pemanfaatan satelit) yang menguntungkan pemerintah dan menguntungkan pembangunan nasional," ujar Wiranto. (ren)