Fakta di Balik Kekuatan Black Panther dan Bangsa Wakanda

Film Black Panther.
Sumber :
  • Marvel

VIVA – Film terbaru dari Marvel Studios, Black Panther, telah menghipnotis banyak penontonnya. Banyak yang bilang bahwa film itu keren karena menghadirkan teknologi yang super nan canggih.

Chadwick Boseman Akan Tetap Tampil di Black Panther 2

Bukan hanya baju hitam ketat yang bisa membuat Raja T'Challa memiliki kekuatan super, tapi juga komunikasi hologram dan material vibranium yang diklaim sebagai sumber kekuatan negeri Wakanda.

Berikut ini VIVA rangkum tiga teknologi canggih yang ada di negara asal Black Panther itu, yang ternyata wujudnya  mendekati apa yang sedang dikembangkan di zaman sekarang.

Marvel Tidak akan Ganti Chadwick Boseman di Black Panther 2

1. Vibranium
Bagi penggemar komik Marvel pasti sudah familiar dengan namanya Vibranium. Material super ini tertanam setelah bumi diserang meteorit. Leluhur Wakanda pun menjadi penambang pertama Vibranium, sebuah materi metal yang bisa menyerap energi kinetik apa saja yang mendekati, sehingga membuatnya sulit dihancurkan. Vibranium juga digunakan untuk membuat perisai Captain America.

Di dunia nyata, tepatnya pada Desember 2017, sebuah riset dipublikasikan di jurnal Nature Nanotechnology. Para ilmuwan mengklaim telah menemukan material yang fleksibel dan ringan, serta bisa berubah menjadi lebih keras dan kuat jika bertemu dengan tekanan yang keras. Material ini memiliki kekuatan yang sama dengan Vibranium.

Bintang Narcos Dibidik Marvel Jadi Antagonis di Black Panther 2

2. Komunikasi hologram
Teknologi hologram yang dijadikan alat komunikasi selalu menjadi hal yang sering dimunculkan pada film sains fiksi, mulai dari komunikasi hologram dengan Princess Leia di film Star Wars, lalu Iron Man, Avatar, dan sekarang Black Panther. King T'Challa dan sang adik, Zuri, memunculkan hologram orang yang diajak bicara melalui gelang yang dikenakan di tangan. Mirip dengan teknologi Facetime namun tiga dimensi.

Teknologi ini memang cukup menarik perhatian ilmuwan optik. Januari lalu, peneliti di Brigham Young Uiversity telah menemukan sistem proyeksi yang menghasilkan gambar 3D penuh warna. Gambar itu bisa melayang di udara, bisa dilihat dari sudut mana saja, tidak perlu dasar permukaan untuk menampilkannya, atau kaca mata khusus untuk melihat.

3. Mobil terbang
Bangsa Wakanda memang lebih maju ketimbang kita. Warganya pun kerap bepergian ke dunia kita dengan menumpang mobil terbang. Bahkan mereka juga memiliki transportasi kereta. Di dunia nyata, namanya kereta Maglev, kepanjangan dari Magnetic Levitation.

Untuk mobil terbang, di dunia nyata sudah ada upaya untuk mewujudkannya. Airbus dan Uber sudah mengumumkan rencana mereka untuk mengembangkan mobil terbang. Di China juga ada Ehang 184, sebuah mobil terbang berbasis quadcopter dengan satu penumpang. Bahkan co-founder Google, Larry Page memiliki ATV terbang dengan nama Kitty Hawk.

Masih banyak teknologi bangsa Wakanda lainnya yang canggih dan sedang dikembangkan di zaman ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya