VIDEO: Asteroid Alien Menyusup Tata Surya, Orbitnya Aneh

Asteroid 2015 BZ509
Sumber :
  • www.theguardian.com/Royal Astronomical Society

VIVA – Asteroid yang diperkirakan berasal dari Tata Surya lain terdeteksi mengorbit Matahari secara terbalik. Asteroid yang disebut dengan 2015 BZ509 ini pertama kali ditemukan akhir 2014 oleh proyek Pan-Starrs di Observatorium Haleakala Hawaii, Amerika Serikat. 

Bumi Punya Tameng Langit

Para peneliti pada akhirnya sadar, asteroid ini ternyata mengelilingi Matahari dengan arah berlawanan berbeda dengan orbit planet di Tata Surya. Orbit asteroid ini berada di antara planet besar yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 

Dilansir dari situs The Guardian, Selasa 22 Mei 2018, asteroid ini mengelilingi Matahari dengan waktu yang sama dengan Jupiter, walaupun arahnya berlawanan. 

Ngeri, Asteroid Besar Meledak di Atas Ibu Kota

Para peneliti dari Universitas Sao Paulo Brasil mengembangkan model komputer untuk mencari tahu sejumlah kemungkinan tentang asteroid tersebut, misalnya tentang orbit atau pun melacak evolusi pada objek tersebut. 

Hasilnya, asteroid tersebut kemungkinan tetap sama dan memiliki hubungan dengan Jupiter selama 4,5 miliar tahun atau dengan kata lain sejak akhir pembentukan formasi planet. 

NASA Bawa Sampel Asteroid Berusia 4,5 Miliar Tahun ke Bumi

Namun penemuan ini, tidak membuat asteroid tersebut diklasifikasikan sebagai bagian dari Tata Surya. 

"Karena pada 4,5 miliar tahun semua objek, planet, asteroid, komet di Tata Surya mengelilingi Tata Surya dengan arah yang sama. Ini artinya, asteroid 2015 BZ509 merupakan alien di Tata Surya," ujar salah satu peneliti Fathi Namouni.

Bukan kali ini saja Tata Surya kedatangan tamu dari tempat lain. Pada akhir tahun lalu sebuah asteroid bernama Oumumua menyusup ke Tata Surya. Asteroid Oumuamua diperkirakan berasal dari sistem dua bintang atau Biner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya